STRATEGI SEKOLAH BERASRAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 4 JAKARTA

Anbiya Nur Hibatullah, . (2025) STRATEGI SEKOLAH BERASRAMA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI MTS NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (366kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya perkembangan karakter positif siswa di Indonesia. Kondisi ini diperkuat oleh data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang mencatat sebanyak 141 aduan kekerasan terhadap anak, dengan 35% di antaranya terjadi di lingkungan sekolah. Sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kementerian Agama menginisiasi penguatan pendidikan karakter melalui penyelenggaraan sistem sekolah berasrama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan sekolah berasrama dalam pembentukan karakter siswa dan hambatan yang dihadapi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan, melibatkan kepala asrama, musyrif, dan siswa sebagai subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs Negeri 4 Jakarta sebagai sekolah berasrama memiliki strategi yang tepat dalam membentuk karakter siswa meliputi: (1) Strategi Organisasi (corporate strategy) melalui visi, misi, tujuan, dan budaya organisasi, (2) Strategi Program (program strategy) dengan pembinaan keagamaan, keasramaan, dan kebahasaan, (3) Strategi Pendukung Sumber Daya (resources support strategy) berupa optimalisasi SDM, keuangan, dan sarana prasarana, (4) Strategi Kelembagaan (institutional strategy) melalui komunikasi dan kerja sama dengan orang tua serta lembaga eksternal guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan karakter secara holistik. Dalam pelaksanaannya, sekolah berasrama ini menghadapi hambatan internal mencakup hambatan dalam pelaksanaan program, hambatan sumber daya manusia, anggaran dan dana, serta terbatasnya sarana dan prasarana. Sementara itu, hambatan eksternal muncul dari permintaan orang tua untuk memulangkan santri di luar jadwal resmi yang telah ditetapkan. Hal ini berpotensi mengganggu kedisiplinan dan keteraturan program asrama yang telah dirancang. Kata Kunci: Strategi, Sekolah Berasrama, Pembentukan Karakter **** This study is motivated by the limited development of positive character among students in Indonesia, as evidenced by data from the Indonesian Child Protection Commission (KPAI), which recorded 141 cases of child abuse, 35% of which occurred in school environments. To address this issue, the Ministry of Religious Affairs introduced character education reinforcement through the implementation of boarding school systems. This study aims to explore the strategies applied by boarding schools in shaping students' character and the challenges they face. Using a qualitative descriptive method with observation, interviews, documentation, and literature review, the research involved dormitory heads, supervisors (musyrif), and students. The findings indicate that MTs Negeri 4 Jakarta has implemented effective character-building strategies, including (1) corporate strategy through vision, mission, goals, and organizational culture; (2) program strategy through religious, dormitory, and language development activities; (3) resource support strategy through the optimization of human, financial, and infrastructural resources; and (4) institutional strategy through communication and collaboration with parents and external institutions. However, the school faces internal obstacles such as program implementation issues, limited human resources, budget constraints, and inadequate facilities, while external challenges include parents requesting to take students home outside the official schedule, which disrupts the discipline and order of dormitory programs. Keywords: Strategy, Boarding School, Character Building

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Abdul Haris Fatgehipon, M.Si. ; 2). Martini, SH., MH.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Anbiya Nur Hibatullah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 01:10
Last Modified: 08 Aug 2025 01:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58895

Actions (login required)

View Item View Item