PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS 12 TITL SMK NEGERI 5 JAKARTA

RISKA PUTRI WAHYUNINGSIH, . (2025) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS 12 TITL SMK NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (603kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan penggunaan media sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 5 Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya memahami faktor-faktor eksternal yang mendorong siswa SMK untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, terutama di tengah tuntutan dunia kerja yang semakin kompleks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas XII TITL SMK Negeri 5 Jakarta yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat analisis, serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, serta terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara teman sebaya dan penggunaan media sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan. Namun, secara parsial, penggunaan media sosial tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Nilai R Square sebesar 0,313 menunjukkan bahwa 31,3% variasi minat melanjutkan pendidikan dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sosial siswa, khususnya teman sebaya, memiliki peranan penting dalam mendorong minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.***** This study aims to determine the influence of peer groups and social media usage on the interest in pursuing higher education among 12th-grade students of the Electrical Power Installation Engineering (TITL) program at SMK Negeri 5 Jakarta. The background of this research is based on the importance of understanding external factors that encourage vocational high school students to continue their studies to a higher level, especially amid increasingly complex workforce demands. This research employed a quantitative method with an ex post facto approach. The sample consisted of 60 students from class XII TITL, selected using a total sampling technique. Data were collected using a Likert-scale questionnaire. Data analysis techniques included validity and reliability tests, assumption tests, and multiple linear regression analysis. The results showed that peer groups had a significant influence on students’ interest in pursuing higher education. In addition, there was a simultaneous significant influence of peer groups and social media usage on educational interest. However, social media usage did not have a significant partial effect. The R Square value of 0.313 indicates that 31.3% of the variation in interest in pursuing higher education is explained by the two independent variables. It can be concluded that students’ social environments, particularly peer groups, play a crucial role in encouraging their interest in continuing to higher education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd.,MM. ; 2). Dr.Daryanto, M.T.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Riska Putri Wahyuningsih .
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:28
Last Modified: 11 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58935

Actions (login required)

View Item View Item