SISTEM PENERIMAAN ATLET SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA (SKO) (Evaluasi Program Penerimaan Atlet Sekolah Khusus OlahragaTahun 2020-2021)

Margono, . (2025) SISTEM PENERIMAAN ATLET SEKOLAH KHUSUS OLAHRAGA (SKO) (Evaluasi Program Penerimaan Atlet Sekolah Khusus OlahragaTahun 2020-2021). Doktor thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (246kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem penerimaan atlet muda di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) dengan menggunakan dua pendekatan model evaluasi, yaitu CIPP Evaluation Model dan Logic Model. Sistem penerimaan atlet merupakan komponen krusial dalam memastikan bahwa SKO mampu menjaring calon atlet yang memiliki potensi untuk dikembangkan secara fisik, teknik, taktik, mental, dan akademik. Namun, berdasarkan hasil observasi awal, sistem penerimaan di banyak SKO masih bersifat subjektif, kurang transparan, dan belum memperhitungkan potensi perkembangan jangka panjang calon atlet. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi berbasis model, dengan metode pengumpulan data yang mencakup wawancara mendalam, observasi langsung, survei, dan analisis dokumen. Data dianalisis menggunakan rubrik penilaian CIPP, kerangka Logic Model, serta analisis konteks lokal dan nasional untuk mengevaluasi validitas, objektivitas, dan transparansi sistem penerimaan SKO. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem penerimaan di SKO masih memerlukan peningkatan dalam hal validitas rubrik penilaian, keterlibatan evaluator profesional, dan penggunaan teknologi dalam proses seleksi. Selain itu, keterbatasan fasilitas dan evaluator berpengalaman menyebabkan ketimpangan kualitas seleksi antar wilayah. Meskipun prestasi akademik dan olahraga siswa menunjukkan peningkatan dalam jangka pendek, jumlah alumni yang mencapai level nasional/internasional masih rendah, menunjukkan perlunya sistem pembinaan yang lebih berkelanjutan dan berbasis data. Sebagai rekomendasi, penelitian ini mengusulkan penerapan rubrik penilaian terpadu berbasis model evaluasi, peningkatan partisipasi stakeholder dalam proses seleksi, serta pemanfaatan teknologi evaluasi digital untuk meningkatkan objektivitas, transparansi, dan efektivitas sistem penerimaan. Selain itu, program remedial untuk calon atlet yang hampir memenuhi standar seleksi perlu dikembangkan sebagai bagian integral dari sistem penerimaan. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan model evaluasi berbasis CIPP dan Logic Model di sektor pembinaan atlet muda, serta kontribusi praktis dalam penyusunan rekomendasi perbaikan sistem penerimaan di SKO. Dengan penerapan model evaluasi yang holistik dan berbasis data, sistem penerimaan di SKO dapat menjadi lebih inklusif, objektif, dan berkelanjutan, sehingga mampu menjaring atlet muda dengan potensi maksimal untuk dikembangkan secara profesional. Kata Kunci: Sistem Penerimaan Atlet; Sekolah Khusus Olahraga (SKO); CIPP Evaluation Model; Logic Model; Evaluasi Berbasis Model; Pembinaan Atlet Muda ATHLETE ADMISSION SYSTEM OF SPECIAL SPORTS SCHOOL (SKO) (Evaluation of the Athlete Admission Program of Special Sports School) Margono 9904920022 ABSTRACT This research aims to evaluate the athlete selection system in Special Sports Schools (SKO) in Indonesia using two model-based evaluation frameworks: the CIPP Evaluation Model and the Logic Model. The athlete selection system is a critical component to ensure that SKO can identify young athletes with potential for long-term development across physical, technical, tactical, psychological, and academic domains. However, based on preliminary observations, the current selection system in many SKOs remains subjective, lacks transparency, and does not fully consider the long-term developmental potential of athletes. The study adopts a model-based evaluation approach, with data collection methods including in-depth interviews, direct observation, surveys, and document analysis. Data were analyzed using CIPP-based rubrics, Logic Model frameworks, and local and national contextual analysis to assess the validity, objectivity, and transparency of the selection process. The evaluation results show that the athlete selection system in SKO requires improvement in rubric validity, evaluator professionalism, and the integration of digital technology in assessment. Furthermore, regional disparities in facilities and evaluator quality lead to inconsistencies in selection outcomes. Although short-term academic and athletic achievements of SKO students indicate improvement, the number of alumni reaching national or international levels remains low, highlighting the need for a more sustainable and data-driven athlete development system. As recommendations, this research proposes the implementation of an integrated, model-based evaluation rubric, the enhancement of stakeholder participation, and the use of digital technology in the selection process to improve objectivity, transparency, and effectiveness. Additionally, remedial programs should be developed as an integral part of the selection system for candidates who are close to meeting the criteria. This research contributes theoretically to the development of model-based evaluation systems in youth athlete development, and practically in providing policy and implementation recommendations for SKO. With the application of a holistic and data-driven evaluation model, the athlete selection system in SKO can become more inclusive, objective, and sustainable, enabling the identification and development of young athletes with the highest potential. Keywords: Athlete Selection System; Special Sports School (SKO); CIPP Evaluation Model; Logic Model; Model-Based Evaluation; Youth Athlete Development

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. 2). Prof. Dr. Firmansyah Dlis, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Margono .
Date Deposited: 08 Aug 2025 03:45
Last Modified: 08 Aug 2025 03:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58949

Actions (login required)

View Item View Item