MIFTAKHUL AMALIA KURNIA SUSANTO, . (2025) MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA MELALUI METODE SOSIODRAMA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS V SDN BENDUNGAN HILIR 12 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap peduli sosial siswa melalui pembelajaran Pancasila dengan metode sosiodrama di kelas V SDN Bendungan Hilir 12 Pagi, Jakarta Pusat. Subjek penelitian berjumlah 23 siswa pada semester II tahun ajaran 2024/2025. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase tindakan guru dari 72,5% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, serta tindakan siswa dari 65% menjadi 87,5%. Nilai sikap peduli sosial juga meningkat dari 65,22% menjadi 86,96%. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode sosiodrama efektif dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa sosiodrama dapat menjadi alternatif metode pembelajaran dalam membentuk karakter siswa, khususnya kepedulian sosial. ***** This study aims to improve students' social care attitudes through Pancasila learning using the sociodrama method in Grade V of SDN Bendungan Hilir 12 Pagi, Central Jakarta. The subjects were 23 students in the second semester of the 2024/2025 academic year. This classroom action research used the Kemmis and McTaggart model, consisting of two cycles: planning, action, observation, and reflection. Data were collected through observation, interviews, and documentation during the learning process. The results showed an increase in teacher action from 72.5% in Cycle I to 90% in Cycle II, and student participation from 65% to 87.5%. Students’ social care scores also improved from 65.22% to 86.96%. The conclusion of this study is that the sociodrama method is effective in enhancing students' social care attitudes. The implication is that sociodrama can be an alternative teaching method to develop students' character, particularly in fostering social awareness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd ; 2. Prof. Dr. Edwita, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Miftakhul Amalia Kurnia Susanto . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:30 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |