PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEO TOWER PADA MATERI ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 78 JAKARTA

ELIA ANDREW VALENTINO, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN GEO TOWER PADA MATERI ATMOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMAN 78 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (654kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar kognitif yang optimal tidak tercapai karena kurangnya motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mencapai hasil belajar yang optimal dibutuhkannya media pembelajaran yang interaktif dan dapat melibatkan peran aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Geo Tower Pada Materi Atmosfer Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X SMAN 78 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen (Quasi Experimental Design) dengan Nonequivalent Control Group Design. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik purposive sampling atau teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X – I sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Geo Tower dalam evaluasi pembelajaran dan kelas X – K sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dari pre-test dan post-test. Nilai pre-test pada kelas eksperimen memiliki rata-rata sebesar 47,19 dan nilai pre-test pada kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 53,66. Nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol lebih besar karena penelitian ini menggunakan teknik purposiv sampling dalam menentukan sampel. Hasil uji instrumen penelitian, data bernilai valid dan reliabel. Pada persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas menyatakan bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogen. Selain itu nilai signifikansi hasil perhitungan uji persamaan dua rata-rata sebesar 0,012 yang berarti nilai signifikansinya lebih kecil dari < 0,05 nilai rujukan. Maka Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak, yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar siswa menggunakan media Geo Tower dalam pembelajaran. Kata Kunci : Geo Tower, Media Pembelajaran, Atmosfer ************************************************************ Optimal cognitive learning outcomes are not achieved due to a lack of student motivation in learning activities. To achieve optimal learning outcomes, interactive learning media are needed that can involve the active role of students. This study aims to analyze the influence of the use of Geo Tower learning media on atmospheric material on the cognitive learning outcomes of class X students at SMAN 78 Jakarta. This study uses a quasi-experimental method (Quasi Experimental Design) with Nonequivalent Control Group Design. This study also uses a purposive sampling technique or sampling technique with certain considerations. The sample in this study was class X - I as an experimental class that used Geo Tower media in learning evaluation and class X - K as a control class using conventional methods in learning. The data obtained in this study from the pre-test and post-test. The average pre-test score in the experimental class was 47.19, while the average pre-test score in the control class was 53.66. The average pre-test score in the control class was higher because this study used a purposive sampling technique to determine the sample. The results of the research instrument test, the data is valid and reliable. In the analysis requirements using the normality test and homogeneity test, it states that the data is normally distributed and homogeneous. In addition, the significance value of the calculation results of the two-average equation test is 0.012, which means that the significance value is smaller than <0.05 reference value. So the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (H₀) is rejected, which means that there is an influence on student learning outcomes using Geo Tower media in learning. Keywords: Geo Tower, Learning Media, Atmosphere

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ilham B Mataburu, S.Si, M.Si. 2) Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si, M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Elia Andrew Valentino .
Date Deposited: 08 Aug 2025 04:07
Last Modified: 08 Aug 2025 04:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/58991

Actions (login required)

View Item View Item