PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 18 JAKARTA

MUHAMMAD HARVANI FIRMANSYAH, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 18 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
BAB 2 KAJIAN TEORITIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Muhammad Harvani Firmansyah, Pengaruh Model Pembelajaran Game based learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 18 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Jakarta, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Game based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 18 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Jakarta sejumlah 249 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah 32 peserta didik untuk kelas kontrol (VII-D) dan 32 peserta didik untuk kelas eksperimen (VII-G) yang dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 butir soal. Instrumen tersebut telah diuji menggunakan uji validitas (korelasi point biserial), hasil dari pengujian adalah 40 soal valid dan 10 soal tidak dapat digunakan. Hasil uji reliabilitas menggunakan rumus K-R. 20, menghasilkan nilai reliabilitas sebesar 0,931 yang berarti instrumen dapat digunakan. Berdasarkan uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, pada kelas kontrol diperoleh nilai Sig. sebesar 0,146 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,037. Hal ini mengindikasikan jika nilai signifikansi pada kelas eksperimen lebih kecil dari 0,05, dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi tidak normal, maka perlu dilakukan pengujian non-parametrik menggunakan Mann-Whitney U. Hasil uji homogenitas sendiri memperoleh nilai sig. 0,181 > 0,05, maka varians homogen dapat diterima. Pengujian hipotesis menggunakan Mann-Whitney U, menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,211. Nilai ini melampaui batas signifikansi 0,05, yang mengindikasikan jika H0 diterima dan H1 ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran game based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 18 Jakarta. Kata kunci: Game based learning, Educaplay, hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial. ***** Muhammad Harvani Firmansyah, The Effect of Game based learning Model on Learning Outcomes of Seventh Grade Students at SMP Negeri 18 Jakarta. Thesis. Jakarta: Department of Social Sciences Education, Faculty of Social Sciences, Universitas Negeri Jakarta, 2025. This research aimed to determine the effect of the Game-Based Learning model on the learning outcomes of seventh-grade students at SMP Negeri 18 Jakarta. The method used in this research was a quasi-experimental method with a Posttest Only Control Group Design. The population of this research was all seventh-grade students at SMP Negeri 18 Jakarta, totaling 249 students. The sample for this research consisted of 32 students for the control group (VII-D) and 32 students for the experimental group (VII-G), selected using a cluster sampling technique. The data collection instrument used was an objective multiple-choice test consisting of 40 items. The instrument had been tested using a validity test (point-biserial correlation); the results of the testing showed that 40 questions were valid and 10 questions could not be used. The results of the reliability test using the K-R. 20 formula yielded a reliability value of 0.931, meaning the instrument could be used. Based on the normality test using Shapiro-Wilk, the control group obtained a Sig. value of 0.146 and the experimental group obtained a Sig. value of 0.037. This indicates that if the significance value in the experimental group is less than 0.05, it can be concluded that the data is not normally distributed, thus a nonparametric test using Mann-Whitney U needed to be conducted. The homogeneity test itself obtained a Sig. value of 0.181 > 0.05, so the homogeneous variance could be accepted. Hypothesis testing using Mann-Whitney U yielded a significance value of 0.211. This value exceeds the significance limit of 0.05, which indicates that H0 is accepted and H1 is rejected. This means that there is no effect of the Game-Based Learning model on the learning outcomes of seventh-grade students at SMP Negeri 18 Jakarta. Keywords: Game based learning, Educaplay, learning outcomes, social studies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sujarwo, M.Pd. 2). Saipiatuddin, S.Pd., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Muhammad Harvani Firmansyah .
Date Deposited: 08 Aug 2025 02:39
Last Modified: 08 Aug 2025 02:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59047

Actions (login required)

View Item View Item