PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN FUTSAL MELALUI PERMAINAN (Studi Action Research Pada Siswa SMP Negeri 7 Padang)

EKO PURNOMO, . (2016) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN FUTSAL MELALUI PERMAINAN (Studi Action Research Pada Siswa SMP Negeri 7 Padang). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (60kB)
[img] Text
2. Abstract.pdf

Download (11kB)
[img] Text
5. Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (5kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (21kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (665kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (271kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf

Download (541kB)
[img] Text
15. BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
16. Daftar Rujukan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
17. Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (96kB)
[img] Text
Sidang Tesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan siswa hasil melalui penerapan pembelajaran futsal dengan menggunakan Pendekatan permainan. Selain itu, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang penerapan pembelajaran futsal dengan menggunakan pendekatan permainan. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan. Subyek dalam penelitian ini adalah 38 siswa dari kelas VIII di SMP Negeri 7 Padang. Penelitian ini dilakukan 6 pertemuan di siklus ke I dan 2 pertemuan disiklus ke II. Adapun pada siklus I ditambahkan 2 kali pertemuan untuk melakukan tes awal dan tes akhi, sedangkan pada siklus ke II hanya ditambah 1 pertemuan untuk melakukan tes akhir. Setiap siklus terdiri dari tiga sesi. Siklus pertama menunjukkan bahwa melalui tindakan siswa dapat memotivasi diri. Dari siklus ke I ini hasilnya adalah 78,95% artinya perlu dilakukan siklus ke II. Pada siklus kedua sebagai refleksi dari siklus pertama juga menunjukkan bahwa tindakan memotivasi siswa. Hasil dari siklus kedua adalah 84,21% dan tidak perlu dilakukan siklus ke III. Tetapi adanya remedial menambah pertemuan dengan jumlah 6 pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran futsal dengan menggunakan pendekatan permainan meningkatkan hasil belajar siswa, (2) Pembelajaran futsal dengan menggunakan pendekatan permainan memotivasi siswa dan membuat siswa aktif dalam berpartisipasi dalam proses pembelajaran .

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd ; 2). Dr. Samsudin, M.Pd,
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 24 Oct 2019 16:37
Last Modified: 24 Oct 2019 16:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item