REENO NAVARO, . (2025) KARAKTERISTIK VARIASI KOMPOSIT BERBAHAN DASAR SERABUT KELAPA DAN RESIN EPOXY TERHADAP NILAI STRUKTUR MIKRO, KETAHANAN TERMAL, DAN KOEFISIEN GESEK PADA KAMPAS REM CAKRAM SEPEDA MOTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (755kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh variasi komposisi serabut kelapa dan resin epoxy terhadap karakteristik kampas rem sepeda motor, khususnya dalam aspek struktur mikro, ketahanan termal, dan koefisien gesek. Serabut kelapa digunakan sebagai alternatif bahan penguat ramah lingkungan untuk menggantikan asbestos yang bersifat karsinogenik, sedangkan resin epoxy dipilih sebagai matriks karena memiliki ketahanan mekanik dan termal yang baik. Variasi komposisi yang diuji meliputi 40% serabut kelapa dan 60% resin epoxy, 50% serabut kelapa dan 50% resin epoxy, dan 60% serabut kelapa dan 40% resin epoxy. Pengujian dilakukan melalui mikroskop optik untuk struktur mikro, Thermogravimetric Analysis (TGA) untuk ketahanan termal, dan tribometer untuk koefisien gesek. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan fraksi serabut kelapa cenderung meningkatkan porositas dan ketidakteraturan distribusi serat. Spesimen dengan komposisi 40% serabut kelapa dan 60% resin epoxy memberikan hasil terbaik dalam hal struktur mikro yang padat, suhu onset termal tertinggi sebesar 192,61 °C, namun memiliki koefisien gesek yang rendah dengan rata-rata 0,096. Dengan demikian, material ini berpotensi sebagai alternatif ramah lingkungan pengganti kampas rem berbasis asbestos, namun masih perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut agar memenuhi standar kinerja industri otomotif. ***** This study aims to examine the effect of varying compositions of coconut fiber and epoxy resin on the characteristics of motorcycle brake pads, particularly in terms of microstructure, thermal resistance, and coefficient of friction. Coconut fiber is used as an eco-friendly reinforcing material to replace carcinogenic asbestos, while epoxy resin is selected as the matrix due to its excellent mechanical and thermal resistance. The tested compositions include 40% coconut fiber and 60% epoxy resin, 50% coconut fiber and 50% epoxy resin, and 60% coconut fiber and 40% epoxy resin. Testing was conducted using optical microscopy for microstructure analysis, Thermogravimetric Analysis (TGA) for thermal resistance, and a tribometer for measuring the coefficient of friction. The results show that increasing the fraction of coconut fiber tends to increase porosity and irregular fiber distribution. The specimen with 40% coconut fiber and 60% epoxy resin provided the best results in terms of compact microstructure and the highest thermal onset temperature of 192.61 °C but exhibited a low average coefficient of friction of 0.096. Therefore, this material has potential as an environmentally friendly alternative to asbestos-based brake pads, although further development is needed to meet automotive industry performance standards.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Rani Anggrainy, S.Pd., M.T. ; 2). Dr. Ferry Budhi Susetyo, M.T., M.Si. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 29597 not found. |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:10 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:10 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59177 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |