BASKARA, . (2025) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM KAMPUNG IKLIM DI RW. 10, KELURAHAN CIBUBUR, KECAMATAN CIRACAS, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
cover (2).pdf Download (839kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (855kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan formal terhadap partisipasi masyarakat dalam program kampung iklim (Proklim) di RW. 10 Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2024-Maret 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menekankan pada analisis data numerik dengan teknik statistika untuk menguji hubungan antara tingkat pendidikan formal dengan partisipasi masyarakat. Populasi penelitian terdiri dari masyarakat yang berjenis kelamin perempuan di daerah RW. 10, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas, dengan sampel sebanyak 120 orang yang dipilih berdasarkan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat pada Program Kampung Iklim sebagian besar berada pada kategori sedang (43 %). Partisipasi terendah teridentifikasi di RT 5, sehingga memerlukan intervensi sosialisasi khusus agar warga memahami manfaat dan urgensi program. Data penelitian mengungkapkan bahwa masyarakat dengan tingkat pendidikan SD (terendah) memiliki skor yang rendah di seluruh indikator partisipasi, kecuali pelaksanaan. Sebaliknya masyarakat dengan tingkat pendidikan perguruan tinggi (tertinggi) memiliki skor yang tinggi di seluruh indikator partisipasi, kecuali pengambilan manfaat. Temuan ini didukung dengan analisis statistik yang menunjukkan pengaruh signifikan tingkat pendidikan formal terhadap partisipasi (p = 0,000) dengan koefisien determinasi R² sebesar 62,7 %, yang mengindikasikan semakin tinggi pendidikan formal, semakin tinggi pula tingkat partisipasi masyarakat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dr. Oot Hotimah, S. Pd, M. Si 2) Prof. Dr. Muhammad Zid, M. Si |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Baskara . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 07:02 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 07:02 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59180 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |