EMELIA MANURUNG, . (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PELAJARAN PERAWATAN GEDUNG DI SMKN 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (285kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (798kB) |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (19kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Perawatan Gedung di SMK Negeri 26 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen pada dua kelompok, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa oleh tim observator untuk menilai aspek komunikasi verbal dan non-verbal. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi siswa. Nilai uji-t menunjukkan t = 9,987 (p < 0,01), dan uji ANCOVA menghasilkan F = 39,319 (p < 0,001). Rata-rata peningkatan kemampuan komunikasi di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning, Komunikasi, Perawatan Gedung, SMK. ***** This study aims to determine the effect of the Problem Based Learning model on students’ communication skills in the Building Maintenance subject at SMK Negeri 26 Jakarta. The research used a quantitative method with a quasi experimental design involving two groups, each consisting of 36 students. The instrument used to student observation sheet assessed by an observer to evaluate verbal and non-verbal communication aspects. The results showed that the Problem Based Learning model had a significant effect on students' communication skills. The t-test showed t = 9.987 (p < 0.01), and ANCOVA yielded F = 39.319 (p < 0.001). The communication improvement in the experimental class higher than in the control class. It can be concluded that the PBL model is effective in enhancing students' communication skills. Keywords: Problem Based Learning, Communication, Building Maintenance, vocational school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Riyan Arthur, M.Pd. ; 2). Dr. M. Agphin Ramadhan, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Komunikasi Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Emelia Manurung . |
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:15 |
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |