ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SMPN 74 JAKARTA

HARITS RAHMAN UTOMO, . (2025) ANALISIS KETERAMPILAN KOLABORASI DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA DI SMPN 74 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Skripsi.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Bab 2 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (466kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan kolaborasi siswa di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri yang berlokasi di wilayah Jakarta Timur. Keterampilan kolaborasi merupakan kompetensi penting dalam menghadapi tantangan global, yang mencakup kemampuan bekerja sama, berkomunikasi secara efektif, serta bertanggung jawab dalam kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan melibatkan 194 siswa sebagai responden. Instrumen penelitian terdiri atas tiga dimensi utama, yaitu negosiasi pengetahuan, interaksi sosial, dan saling ketergantungan positif. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki keterampilan kolaborasi pada kategori tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 80,26 dan simpangan baku 10,11. Temuan ini mengindikasikan bahwa keterampilan kolaborasi siswa, ditinjau dari aspek negosiasi pengetahuan, interaksi sosial, dan saling ketergantungan positif, telah berkembang secara optimal. ***** This study aims to analyse students' collaboration skills at a public junior high school located in East Jakarta. Collaboration skills are important competencies in facing global challenges, which include the ability to work together, communicate effectively, and take responsibility in a group. This study uses a quantitative descriptive approach involving 194 students as respondents. The research instrument consists of three main dimensions: knowledge negotiation, social interaction, and positive interdependence. Data were analysed using descriptive statistical techniques. The results indicate that most students possess high-level collaboration skills, with an average score of 80.26 and a standard deviation of 10.11. These findings indicate that students' collaboration skills, as viewed from the aspects of knowledge negotiation, social interaction, and positive interdependence, have developed optimally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Elmanora, M.Si. ; 2). Maya Oktaviani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Harits Rahman Utomo .
Date Deposited: 08 Aug 2025 08:31
Last Modified: 08 Aug 2025 08:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59220

Actions (login required)

View Item View Item