YOHANES RAFAEL H. SIREGAR, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH INSTALASI PENERANGAN LISTRIK (STUDI PADA SMK BUDI MURNI 1 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran trainer terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah instalasi penerangan listrik pada siswa SMK Budi Murni 1. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa yang disebabkan oleh media pembelajaran konvensional yang kurang fleksibel untuk mendukung eksplorasi dan simulasi gangguan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Budi Murni 1 Jakarta yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan adalah rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa dari 81,18 (pretest) menjadi 86,66 (posttest). Hasil uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan (t = 29,91, p < 0,001). Hal ini membuktikan bahwa penggunaan trainer berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran trainer terbukti berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah instalasi penerangan listrik. ***** This study aims to determine the effect of using trainer-based learning media on students’ critical thinking skills in solving problems related to electrical lighting installations at SMK Budi Murni 1. The background of the study is the low level of students’ critical thinking skills, which is attributed to the limitations of conventional learning media that lack flexibility for exploration and fault simulation. This research employed a quantitative method with a pre-experimental design, specifically a one-group pretest-posttest model. The sample consisted of 30 students from the Electrical Power Installation Engineering program at SMK Budi Murni 1 Jakarta, selected randomly. The instrument used was a critical thinking assessment rubric. The results showed an increase in the average critical thinking score from 81.18 (pretest) to 86.66 (posttest). A paired t-test revealed a significant difference (t = 29.91, p < 0.001). These findings indicate that the use of trainer media has a significant impact on improving students' critical thinking skills. It can be concluded that trainer-based learning media is effective in enhancing students' critical thinking in solving problems related to electrical lighting installations.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Readysal Monantun, M.Pd ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Yohanes Rafael H. Siregar . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:57 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59257 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |