RIDWAN, . (2025) MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOKOMOTOR LARI MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN PADA SISWA KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
file cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab I Pendahuluan.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
BAB II TINJAUAN HASIL PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODELOGI PENILITIAN-dikompresi.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL ATAU PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN ATAU SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginkatkan efektifitas pembelajaran gerak dasar lokomotor lari menggunakan media dengan model permainan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukakn pada tanggal 3 Mei 2025 yang bertepat di lapangan SDN 18 Duren Sawit Jakarta Timur, penelitian ini diikuti oleh seluruh 45 siswa kelas 3. Metode yang digunakan pada. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development dengan metode ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrument penilaian keterampilan gerak dasar lokomotor lari yang telah divalidasi oleh ahli atletik, ahli permainan, dan ahli pembelajaran. Berdasarkan dari data awal tes diperoleh rata-rata 17,4 dengan persentase 36.2%, kemudian setelah diberikan pembelajaran dalam penelitian untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar lokomotor lari selama 6 kali pertemuan, dilakukan tes akhir dengan diroleh rata-rata 41,7 dengan peersentase 86.9% dengan begitu terdapat peningkatan keterampilan gerak dasar lokomotor lari menggunakan media pada siswa kelas 3. Maka dapat disimpulkan bahwa: model pembelajaran gerak dasar lokomotor lari menggunakan media permainan pada siswa kelas 3 SD layak dan efektif untuk meningkatkan gerak dasar lokomotor lari serta dapat digunakan sebagai panduan guru dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kata Kunci: Permainan, Pembelajaran, dan Lari. ************************ This study aims to improve the effectiveness of teaching basic locomotor running movements through the use of media integrated with a game-based learning model. The research was conducted on May 3, 2025, at the field of SDN 18 Duren Sawit, East Jakarta, involving all 45 third-grade students. The method used in this study was Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The instrument used was a locomotor running skills assessment tool, which had been validated by experts in athletics, game-based learning, and education. Based on the initial test data, students scored an average of 17.4 with a percentage of 36.2%. After the implementation of six learning sessions using the developed model, the final test showed a significant improvement with an average score of 41.7 and a percentage of 86.9%. These results indicate a substantial increase in students’ basic locomotor running skills. Therefore, it can be concluded that the game-based learning model using media is both feasible and effective in improving the locomotor running skills of third-grade elementary students, and it can be used as a reference for physical education teachers in instructional practice. Keywords: game, learning, running
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Samsudin, M.Pd 2. Dr. Oman Unju S, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Ridwan . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:39 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:39 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |