ANALISIS KESULITAN PRESENTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAIWA VI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

RESTI ANISA, . (2025) ANALISIS KESULITAN PRESENTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAIWA VI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (353kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
File DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
File LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan presentasi mahasiswa menggunakan bahasa Jepang pada mata kuliah Kaiwa VI dan strategi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Hal ini dilatarbelakangi dengan adanya hasil survei kepada mahasiswa yang menyatakan bahwa 90% mahasiswa angkatan 2020 dan 70% angkatan 2021 mengalami kesulitan saat presentasi menggunakan bahasa Jepang pada mata kuliah kaiwa VI. Teori yang digunakan yaitu teori tentang kesulitan presentasi oleh Susanti (2020), Andayani et al. (2023), dan Susanto (2016). Sementara strategi yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan strategi untuk membangun rasa percaya diri oleh Susanti (2020) dan strategi belajar bahasa Jepang oleh Afdhol et al. (2022). Penelitian ini menggunakan metode survei kualitatif dengan kuesioner sebagai sumber data primer, yang didukung dengan wawancara dan observasi pada perkuliahan Kaiwa VI. Penelitian ini dilakukan pada 62 mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta yang mengikuti perkuliahan Kaiwa VI semester 120, tahun akademik 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui dua faktor penyebab kesulitan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi pengetahuan bahasa dan pemahaman materi yang dipresentasikan, non kebahasaan/penampilan, kurangnya latihan, serta psikologis. Faktor eksternal meliputi metode pembelajaran, motivasi, dan suasana. Berdasarkan hasil analisis kuesioner, indeks persentase tertinggi terdapat pada faktor internal, yaitu keterbatasan penguasaan kosakata, memerlukan waktu untuk menerjemahkan ke dalam bahasa Jepang, keterbatasan penguasaan pola kalimat, tidak percaya diri, dan mengalami blank saat presentasi. Sementara strategi mahasiswa untuk mengatasi kesulitan yang dialami adalah dengan menghafalkan kosakata, menebak arti kata atau menggunakan persamaan kata, menyusun poin-poin/ringkasan materi yang akan dipresentasikan, meyakinkan diri sendiri dan berpikir positif, melakukan evaluasi terhadap kekurangan/kesulitan dari presentasi sebelumnya, dan membaca referensi terkait materi yang dipresentasikan. Kata kunci: kesulitan presentasi, kaiwa, faktor internal, faktor eksternal, strategi. ***** This research aims to identify the causes of students’ difficulties in delivering presentations in Japanese in the Kaiwa VI course and the strategies they employ to overcome these difficulties. This research is motivated by survey results indicating that 90% of students from the 2020 cohort and 70% of students from the 2021 cohort in their sixth semester experience difficulties when delivering presentations in Japanese in the Kaiwa VI course. The theories used in this research include theories on presentation difficulties proposed by Susanti (2020), Andayani et al. (2023), and Susanto (2016). Meanwhile, the strategies examined in this research draw on confidence-building strategies by Susanti (2020) and Japanese language learning strategies by Afdhol et al. (2022). This research employs a qualitative survey method using questionnaires as the primary data source, supported by interviews and observations conducted in the Kaiwa VI course. The research involved 62 students of the Japanese Language Education Program at Universitas Negeri Jakarta who were enrolled in the Kaiwa VI course during the sixth semester of the 2023/2024 academic year. Based on the research findings, two factors causing the difficulties were identified: internal and external factors. Internal factors include students’ language knowledge, understanding of the material being presented, non-linguistic aspects such as appearance, lack of practice, and psychological aspects. External factors include the teaching methods, motivation, and the classroom conditions. The questionnaire analysis showed that the highest percentage index was found in internal factors, including limited vocabulary mastery, the need for time to translate into Japanese, limited mastery of sentence patterns, low self-confidence, and experiencing mental blocks during presentations. Meanwhile, the strategies employed by students to overcome these difficulties include memorizing vocabulary, guessing word meanings or using synonyms, preparing key points or summaries of the material to be presented, building self-confidence and maintaining a positive mindset, evaluating shortcomings or difficulties from previous presentations, and reading references related to the presentation material. Keywords: presentation difficulties, kaiwa, internal factors, external factors, strategies.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih M.Hum., M.Ed. 2). Dr. Nia Setiawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Resti Anisa .
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:59
Last Modified: 11 Aug 2025 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59309

Actions (login required)

View Item View Item