UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-B MTS NEGERI 16 JAKARTA

GYANTI DWI ASTUTI, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII-B MTS NEGERI 16 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan hasil tes awal kemampuan penalaran matematis yang dilakukan di kelas VIII-B MTs Negeri 16 Jakarta, terlihat bahwa kemampuan penalaran matematis siswa sangat rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika di kelas. Model pembelajaran PBL terdiri dari lima tahapan, yaitu mengorientasi masalah kepada siswa, mengorganisasi siswa, membimbing penyelidikan kelompok secara mandiri, mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi, serta mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII-B MTs Negeri 16 Jakarta pada materi bangun ruang sisi datar melalui model pembelajaran PBL. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Class Action Research atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus yang setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan kepada 33 orang siswa dengan memilih 6 orang siswa sebagai subjek penelitian yang mewakili siswa dengan kemampuan akademik atas, tengah, dan bawah. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh selama proses tindakan pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari instrumen penelitian, yaitu tes akhir kemampuan penalaran matematis setiap akhir siklus, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Selain itu, teknik triangulasi yang digunakan dalam menguji validitas data penelitian ini adalah triangulasi sumber dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar dengan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, baik secara keseluruhan maupun keenam subjek penelitian. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dapat terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I diperoleh 51,2 (Kurang), siklus II diperoleh 69,8 (Baik), dan siklus III diperoleh 77,9 (Baik). Selain itu, persentase jumlah siswa yang nilai kemampuan penalaran matematisnya, termasuk keenam subjek penelitian, mencapai kategori Baik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I terdapat 5 orang siswa (15,2%), pada siklus II meningkat menjadi 21 orang siswa (63,6%), dan pada siklus III meningkat menjadi 28 orang siswa (84,8%). Based on the results of observations and results of initial tests of mathematical reasoning ability conducted in class VIII-B of MTs Negeri 16 Jakarta, it appears that students' mathematical reasoning abilities are very low. Efforts that can be made to improve students' mathematical reasoning abilities in the class are applying the Problem Based Learning (PBL) learning model in mathematics learning in the classroom. PBL learning model consists of five stages, namely orienting the problem to students, organizing students, guiding group inquiry independently, developing and presenting the results of discussions, and evaluating the problem solving process. This study aims to improve the mathematical reasoning ability of students of class VIII-B MTs Negeri 16 Jakarta on the material of polyhedron through PBL learning models. The research method used in this study is Class Action Research or Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in three cycles, each of which included planning, implementing, observing, and reflecting. This research was conducted on 33 students by selecting 6 students as research subjects representing students with top, middle and bottom academic abilities. Data analysis was performed by describing quantitative data and qualitative data obtained during the learning action process. The data was obtained from the research instrument, namely the final test of mathematical reasoning ability at the end of each cycle, observation sheets, field notes, and documentation. In addition, the triangulation technique used in testing the validity of the data of this study is the triangulation of sources and investigators. The results showed that mathematics learning in the material of polyhedron with PBL learning models can improve students' mathematical reasoning abilities, both overall and the six research subjects. Increasing students' mathematical reasoning abilities can be seen from the increase in the average value obtained in cycle I gained 51.2 (Less), cycle II gained 69.8 (Good), and cycle III gained 77.9 (Good). In addition, the percentage of students who scored mathematical reasoning ability, including the six research subjects, reached the Good category also increased. In cycle I there were 5 students (15.2%), in cycle II it increased to 21 students (63.6%), and in cycle III it increased to 28 students (84.8%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Wardani Rahayu, M.Si. ; 2). Dr. Eti Dwi Wiraningsih, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1117 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2020 18:00
Last Modified: 09 Jun 2020 18:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item