YOSAFAT ALFA CHRISTIANTO, . (2025) PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM ANGKATAN 2018). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (30kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi dapat menghambat penyelesaian studi tepat waktu. Keterlambatan kelulusan pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) UNJ angkatan 2018 menjadi latar belakang penelitian ini untuk memahami gambaran perilaku tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara kuantitatif gambaran perilaku prokrastinasi akademik pada mahasiswa FISH UNJ angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 84 mahasiswa FISH UNJ angkatan 2018 yang diambil dengan teknik sensus. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang mengukur empat dimensi: ciri-ciri, faktor internal, faktor eksternal, dan dampak emosional prokrastinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi mahasiswa FISH termasuk ke dalam kategori tinggi, dengan perilaku yang paling dominan adalah mengerjakan tugas hingga deadline. Faktor utamanya adalah ketidakpahaman pada tugas dan persepsi bahwa tenggat waktu masih lama. Dampak yang ditimbulkan ialah rasa takut yang muncul seiring mendekatnya tenggat waktu dan merasa khawatir karena waktu terus berjalan. ***** Procrastination can hinder the timely completion of studies. The delay in graduation among students of the Faculty of Social and Law (FISH) UNJ, class of 2018, serves as the background for this research to understand this behavior. The purpose of this study is to quantitatively describe the academic procrastination behavior of FISH UNJ students from the 2018 cohort. This study uses a descriptive method with a quantitative approach. The research subjects are 84 FISH UNJ students from the class of 2018, selected using a census technique. Data were collected through a Likert scale questionnaire measuring four dimensions: characteristics, internal factors, external factors, and the emotional impact of procrastination. The results of the study indicate that the procrastination of FISH students falls into the high category, with the most dominant behavior being working on assignments until the deadline. The main factors are a lack of understanding of the task and the perception that the deadline is still far away. The resulting impacts are the fear that emerges as the deadline approaches and anxiety because time continues to pass.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dian Alfia Purwandari, S.E., M.Si. ; 2). Nova Scorviana H., M.A. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan IPS |
Depositing User: | Users 29251 not found. |
Date Deposited: | 09 Aug 2025 10:28 |
Last Modified: | 09 Aug 2025 10:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |