KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KELILING PADA MAHASISWA DITINJAU DARI ASPEK BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS

NUNIK KURNIASIH, . (2025) KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI KELILING PADA MAHASISWA DITINJAU DARI ASPEK BUDAYA, SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File BAB 1.pdf

Download (360kB)
[img] Text
File BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
File BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
File Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
File Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keputusan pembelian kopi keliling pada mahasiswa ditinjau dari aspek budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini melibatkan 388 mahasiwa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Jika ditinjau berdasarkan aspek budaya berada di kategori sedang, mahasiwa cenderung membeli kopi keliling karena telah menjadi bagian dari kebiasaan sosial seperti nongkrong bersama teman meskipun belum menjadi kebutuhan harian. Pada aspek sosial berada di kategori sedang, dimana teman dan keluarga berkaitan dengan kebiasaan konsumsi namun bukan aspek utama. Pada aspek pribadi berada di kategori sedang, karena mahasiswa mempertimbangkan kondisi ekonomi, gaya hidup, dan kepribadian tetapi belum menjadi alasan utama. Pada aspek psikologis berada di kategori sedang, dimana mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap rasa dan kenyamanan kopi keliling namun belum menjadikannya sebagai pendorong pembelian secara konsisten. Sehingga secara keseluruhan menunjukkan bahwa keputusan pembelian kopi keliling di kalangan mahasiswa saling berkaitan antara aspek budaya, sosial, pribadi, dan psikologis. Temuan ini menunjukkan bahwa inovasi dan adaptasi terhadap preferensi konsumen yang terus berkembang penting untuk mempertahankan daya tarik kopi keliling sebagai bagian dari gaya hidup mahasiswa. ************* This study aims to describe the purchasing decisions of mobile coffee among university students based on cultural, social, personal, and psychological aspects. The research employed a quantitative approach using descriptive methods. A total of 388 students participated in the study. Data were analyzed using descriptive statistics. The results show that in the cultural aspect, purchasing decisions fall into the moderate category, where students tend to buy mobile coffee as part of a social habit, such as hanging out with friends, although it has not yet become a daily necessity. In the social aspect, purchasing decisions are also in the moderate category, where friends and family influence consumption habits, but they are not the primary aspect. In the personal aspect, students consider aspect such as economic conditions, lifestyle, and personality, but these have not become dominant reasons for making a purchase. In the psychological aspect, students have a positive perception of the taste and convenience of mobile coffee, yet this perception is not strong enough to consistently drive purchasing behavior. Overall, the findings indicate that the purchasing decisions of mobile coffee among students are interconnected with cultural, social, personal, and psychological aspect. These results suggest that continuous innovation and adaptation to evolving consumer preferences are essential in maintaining the appeal of mobile coffee as part of the student lifestyle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Elmanora, S.Si., M.Si. ; 2) Dr. Muhammad Faesal, M.H., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 29596 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2025 01:59
Last Modified: 11 Aug 2025 01:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59383

Actions (login required)

View Item View Item