GILANG MAEKHENDRA, . (2025) MODEL BELAJAR GERAK DASAR MANIPULATIF MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (552kB) |
![]() |
Text
BABII TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III METODELOGI PENELIITAN.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginkatkan efektifitas Model belajar gerak dasar manipulatif menendang bola menggunakan alat permainan. Pelaksanaan penelitian ini di SDN Cempaka Putih Barat 03 Jakarta Pusat, penelitian ini diikuti oleh seluruh 45 siswa kelas 5. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Research & Development dengan metode ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah instrument penilaian keterampilan gerak dasar menendang bola yang telah divalidasi oleh ahli pembelajaran, permainan dan Sepakbola. Berdasarkan dari data awal tes diperoleh rata-rata 23.4% Kemudian setelah diberikan pembelajaran dalam penelitian untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar manipulatif menendang bola, dilakukan tes akhir dengan diperoleh rata-rata 91.9% dengan begitu terdapat peningkatan keterampilan gerak dasar manipulatif menendang bola mengunakan alat permainan pada siswa sekolah dasar. Maka dapat disimpulkan bahwa “Model belajar gerak dasar manipulatif menendang bola menggunakan alat permainan pada siswa sekolah dasar” layak dan dapat digunakan sebagai panduan guru. Model belajar gerak dasar manipulatif menendang bola menggunakan alat permainan pada siswa sekolah dasar efektif dan dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Kata Kunci : Belajar, Permainan, dan Menendang. ****************************** ABSTRACT This study aims to improve the effectiveness of a learning model for manipulative fundamental movement skills, specifically in kicking a ball using play-based tools. The research was conducted at SDN Cempaka Putih Barat 03, Central Jakarta, involving all 45 fifth-grade students. The method used in this study was Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The instrument used was an assessment tool for ball-kicking skills that had been validated by experts in learning, games, and football. Based on the initial test data, the average score was 23.4%. After the implementation of the developed learning model to improve manipulative kicking skills, the final test showed an average score of 91.9%. This indicates a significant improvement in students' manipulative ball-kicking skills through the use of play-based tools. Therefore, it can be concluded that the "Learning Model of Manipulative Fundamental Movement Skills: Kicking a Ball Using Play-Based Tools for Elementary School Students" is feasible and can be used as a teacher’s guide. The model is effective and can be implemented in physical education learning. Keywords: Learning, Games, Kicking
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1. Prof. Dr. Samsudin, M.Pd 2. Dr. Oman Unju S, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Gilang Maekhendra . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:18 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59392 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |