PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 22 JAKARTA

HANA KAMILA PUTRI, . (2025) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMKN 22 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover+Daftar Isi_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB 2_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Lampiran_Hana Kamila Putri_1709621052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Manajemen Perkantoran SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Yamane dengan tingkat kesalahan 5% sehingga diperoleh sampel berjumlah 105 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara simultan antara kemandirian belajar, problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis. ***** This study aims to determine the effect of learning independence and problem-based learning on students' critical thinking skills. The method used in this research is a quantitative approach. The population in this study consists of 143 students from the Office Management program at SMK Negeri 22 Jakarta. The sampling technique used is proportionate stratified random sampling with the Yamane formula at a 5% margin of error, resulting in a sample of 105 students. Data analysis techniques in this study used the SPSS (Statistical Package for Social Science) version 25.0. The results of the study show that: (1) there is a positive and significant effect of learning independence on critical thinking skills, (2) there is a positive and significant effect of problem-based learning on critical thinking skills, and (3) there is a simultaneous effect of learning independence and problem-based learning on critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Darma Rika Swaramarinda, M.S.E., Ph.D 2) Susan Febriantina, S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Hana Kamila Putri .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:19
Last Modified: 12 Aug 2025 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59433

Actions (login required)

View Item View Item