HUBUNGAN TERPAAN MEDIA YOUTUBE MALAKA PROJECT DENGAN SIKAP KRITIS PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR DALAM MEMILIH BAHAN BAKAR (Survei Penonton YouTube Malaka Project “Korupsi Terstruktur dan Terjahat Pertamina” Tanggal 4 Maret 2025)

ADAM ZEOPANDU, . (2025) HUBUNGAN TERPAAN MEDIA YOUTUBE MALAKA PROJECT DENGAN SIKAP KRITIS PENGGUNA KENDARAAN BERMOTOR DALAM MEMILIH BAHAN BAKAR (Survei Penonton YouTube Malaka Project “Korupsi Terstruktur dan Terjahat Pertamina” Tanggal 4 Maret 2025). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (532kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial YouTube kini menjadi sumber informasi yang berperan penting dalam membentuk opini publik atas isu sosial dan ekonomi. Kasus korupsi PT Pertamina Patra Niaga yang dibahas dalam video YouTube Malaka Project tanggal 4 Maret 2025 memicu reaksi publik dan menimbulkan pertanyaan mengenai pengaruh konten tersebut terhadap kepercayaan konsumen Pertamax. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan terpaan media YouTube Malaka Project dengan sikap kritis pengguna kendaraan bermotor dalam memilih bahan bakar. Komunikasi massa dijadikan sebagai konsep acuan penelitian dengan diikuti oleh teori ketergantungan media yang menekankan bahwa, publik akan lebih tergantung pada media untuk membentuk sikap dalam situasi krisis. Variabel independen penelitian ini adalah terpaan media yang dikaji melalui komponen terpaan, perhatian hingga tahapan terpaan. Sementara itu, variabel dependen adalah sikap yang didasarkan dari sisi kognitif, evaluasi afektif, dan kecenderungan perilaku. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survei. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan kepada 100 sampel penelitian yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Kriteria sampel yang ditetapkan adalah penonton konten Malaka Project tanggal 5 Maret 2025, berusia 18 – 35 tahun dan memiliki kendaraan bermotor dengan bahan bakar Pertamax. Data penelitian dianalisis secara univariate dan bivariate melalui uji korelasi Pearson. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa penonton telah terpapar media YouTube di tingkat tahapan terpaan hingga akhirnya memiliki kesadaran dan ingatan atas pesan urutan kasus korupsi Pertamina. Sikap kritis juga terlihat pada tingkat kognitif dengan ditandai adanya keyakinan untuk memastikan kesesuaian standar RON Pertamax. Tidak hanya itu, terdapat pula hubungan linear dan positif di antara terpaan media YouTube Malaka Project dengan sikap kritis pengguna kendaraan bermotor dalam memilih bakar. Hal ini mengindikasikan bahwa Ha telah diterima dan Ho berhasil ditolak sehingga dapat diartikan bahwa peningkatan terpaan media secara bersamaan akan ikut meningkatkan sikap kritis. Melalui penelitian ini, disarankan untuk adanya peningkatan daya tarik visual dan teks caption pada konten untuk mengoptimalkan perhatian audiens, penguatan unsur ajakan bertindak agar mendorong perilaku nyata, serta anjuran bagi penelitian selanjutnya untuk mempertimbangkan variabel tambahan guna memperkaya pemahaman terhadap pengaruh terpaan media. Kata Kunci: Kasus Korupsi, Komunikasi Massa, Kritis, Sikap, Terpaan Media ***** YouTube as a social media platform has now become an important source of information in shaping public opinion on social and economic issues. The corruption case of PT Pertamina Patra Niaga discussed in the Malaka Project YouTube video dated March 4, 2025, triggered public reactions and raised questions regarding the influence of such content on consumer trust in Pertamax. This research is conducted to identify the relationship between exposure to the Malaka Project YouTube media and the critical attitudes of motor vehicle users in choosing fuel. Mass communication serves as the conceptual framework for the study, supported by media dependency theory, which emphasizes that the public will become more reliant on media to form attitudes in times of crisis. The independent variable in this study is media exposure, examined through components of exposure, attention, and stages of exposure. Meanwhile, the dependent variable is attitude, which is based on cognitive aspects, affective evaluation, and behavioral tendencies. The research approach is quantitative with a survey method. The instrument used is a questionnaire distributed to 100 research samples selected based on purposive sampling technique. The criteria for the sample established are viewers of Malaka Project content on March 5, 2025, aged 18 to 35 years, and owning a motor vehicle that runs on Pertamax fuel. The research data is analyzed univariately and bivariately through Pearson correlation testing. The findings show that viewers have been exposed to YouTube media at the exposure stage, ultimately leading to awareness and retention of the messages regarding the sequence of the Pertamina corruption case. A critical attitude is also evident at the cognitive level, marked by a conviction to ensure the compliance of Pertamax's RON standards. Moreover, there is a linear and positive relationship between the exposure to Malaka Project's YouTube media and motor vehicle users' trust in choosing fuel. This indicates that the alternative hypothesis (Ha) has been accepted and the null hypothesis (Ho) has been successfully rejected, suggesting that an increase in media exposure will concurrently enhance critical attitudes. Through this research, it is recommended to enhance the visual appeal and caption text of the content in order to optimize audience attention, strengthen the elements of a call to action to encourage actual behavior, as well as a suggestion for future research to consider additional variables to enrich the understanding of the influence of media exposure. Keywords: Corruption Cases, Mass Communication, Critical, Attitude, Media Exposure

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Elisabeth Nugrahaeni Putri, M.Si. ; 2). Dr. Kinkin Yuliaty Subarsa Putri, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Adam Zeopandu .
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:56
Last Modified: 11 Aug 2025 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59466

Actions (login required)

View Item View Item