PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT RESERVASI HOTEL BINTANG 5 DI JAKARTA MELALUI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA

DINA KHAERUNISA, . (2025) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (EWOM) TERHADAP MINAT RESERVASI HOTEL BINTANG 5 DI JAKARTA MELALUI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (448kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (456kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy

Abstract

Electronic Word of Mouth (EWOM) adalah ulasan atau rekomendasi positif atau negatif mengenai suatu produk atau jasa yang disampaikan secara online, dan dapat mempengaruhi minat reservasi, khususnya dalam konteks reservasi hotel. Minat reservasi mengacu pada keinginan atau minat seseorang untuk melakukan pemesanan hotel setelah mempertimbangkan informasi yang diperoleh melalui online travel agent (OTA). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh EWOM terhadap minat reservasi hotel bintang 5 di Jakarta melalui OTA traveloka. Penelitian ini dilakukan sejak Mei 2024 hingga Juni 2025 di Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling, dengan melibatkan 100 responden yang pernah melakukan reservasi hotel menggunakan Traveloka. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa EWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat reservasi (β = 0,614; p = 0,000). EWOM tidak hanya berperan sebagai media informasi, tetapi juga sebagai faktor penentu dalam membentuk minat calon tamu untuk melakukan reservasi Hotel-hotel bintang 5 di Jakarta perlu secara aktif mengelola reputasi online dengan cara mendorong tamu memberikan ulasan positif, merespons komentar negatif secara profesional, serta memastikan bahwa pengalaman pelanggan selaras dengan ekspektasi yang dibentuk dalam konten digital. ***** Electronic Word of Mouth (EWOM) refers to positive or negative reviews and recommendations about a product or service shared online, which can influence reservation interest, particularly in the context of hotel bookings. Reservation interest refers to an individual's desire or intention to book a hotel after considering information obtained through online travel agents (OTAs). This study aims to examine the influence of EWOM on the reservation interest in five-star hotels in Jakarta through the OTA Traveloka. The research was conducted from May 2024 to June 2025 in Jakarta using a quantitative associative approach. The sample was selected using purposive sampling, involving 100 respondents who had previously booked hotels via Traveloka. Data were collected using a questionnaire. The results indicate that EWOM has a positive and significant effect on reservation interest (β = 0.614; p = 0.000). EWOM not only serves as a source of information but also acts as a determining factor in shaping potential guests’ interest in making reservations. Five-star hotels in Jakarta are encouraged to actively manage their online reputation by encouraging guests to leave positive reviews, responding professionally to negative comments, and ensuring that the customer experience aligns with the expectations set by digital content.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Maya Oktaviani, M.Pd. ; 2) Dr. Muhammad Faesal, M.H., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 30179 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:44
Last Modified: 11 Aug 2025 02:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59542

Actions (login required)

View Item View Item