PENGARUH PARENTAL FINANCIAL SOCIALIZATION TERHADAP FINANCIAL WELL-BEING PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

TARISA SALSABILA, . (2025) PENGARUH PARENTAL FINANCIAL SOCIALIZATION TERHADAP FINANCIAL WELL-BEING PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (287kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masa kuliah adalah awalan bagi para mahasiswa untuk mengelola dan bertanggung jawab atas keputusan keuangan mereka sendiri walaupun sebagian besar masih bergantung pada orang tua secara finansial. Mahasiswa dapat mengalami keterbatasan finansial dan merasa tidak puas dengan cara mengelola pengeluaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parental financial socialization terhadap financial well-being pada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (FT UNJ). Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa FT UNJ angkatan 2021-2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate sampling dengan jumlah responden sebanyak 358 mahasiswa FT UNJ angkatan 2021-2023. Pengumpulan data penelitian dilakukan selama pada bulan Oktober 2024 – Januari 2025. Data diperoleh menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa parental financial socialization berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial well-being mahasiswa FT UNJ. Mayoritas mahasiswa FT UNJ memiliki tingkat parental financial socialization dan financial well-being yang sedang. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel parental financial socialization memberikan kontribusi terhadap variabel financial well-being sebesar 5,7%, sedangkan sisanya oleh faktor lain sebesar 94,3%. Implikasi penelitian ini adalah rendahnya dimensi financial freedom pada variabel financial well-being dapat berdampak pada kebebasan mahasiswa FT UNJ untuk menikmati dalam melakukan atau membeli hal-hal yang mereka inginkan pada saat di waktu senggang mereka. Selain itu, rendahnya dimensi parent financial modeling pada variabel parental financial socialization dapat berdampak pada mahasiswa FT UNJ kurang terpapar perilaku keuangan orang tuanya, sehingga mempengaruhi pemahaman perilaku keuangan mereka dan tidak memiliki panutan. ***** College is the starting point for students to manage and take responsibility for their financial decisions, even though most of them still rely financially on their parents. Students may face financial limitations and express dissatisfaction with how they manage their spending. This study aims to examine the influence of parental financial socialization on the financial well-being of students at the Faculty of Engineering, State University of Jakarta (FT UNJ). A survey method was used, involving students from the 2021–2023 cohorts. The sampling technique applied was proportionate sampling with a total of 358 respondents. Data were collected from October 2024 to January 2025 and distributed by google form. The results indicate that parental financial socialization has a positive and significant effect on the financial well-being of FT UNJ students. Overall, these students exhibit moderate levels of both parental financial socialization and financial well-being. The coefficient of determination shows that parental financial socialization contributes 5.7% to financial well-being, while the remaining 94.3% is influenced by other factors. The study implies that low financial freedom levels within the financial well-being variable may limit students’ ability to enjoy leisure purchases. Moreover, the low level of parental financial modeling may reduce students' exposure to their parents' financial behaviors, which can affect their financial understanding and leave them without role models

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E. ; 2). Elmanora, S.Si., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 30340 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:36
Last Modified: 11 Aug 2025 04:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59629

Actions (login required)

View Item View Item