ANALISIS KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL

HETMYLIA KUSUMAWATI, . (2025) ANALISIS KEPUASAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN TEGAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (833kB)
[img] Text
BAB 1 Pendahuluan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. Pentingnya pelayanan publik yang baik sebagai bentuk pemenuhan hak dasar masyarakat yang harus diberikan secara cepat, tepat, dan efisien. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara kepada empat partisipan yang terdiri dari dua pegawai dan dua masyarakat, dokumentasi, serta data sekunder dari laporan hasil survei kepuasan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan publik yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Faktor yang mempengaruhi kepuasan masyarakat yaitu aspek kebijakan pelayanan dan inovasi pelayanan. Strategi peningkatan kualitas pelayanan meliputi pelaksanaan apel pagi secara rutin sebagai sarana pembentukan kedisiplinan dan kesiapan pegawai, pelaksanaan survei kepuasan masyarakat sebagai bahan evaluasi, serta sosialisasi aktif ke desa dan sekolah. Kualitas pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal sudah berjalan baik. Meskipun demikian, masih diperlukannya peningkatan pelayanan seperti perawatan kebersihan fasilitas umum, kedisiplinan waktu para pegawai, dan penggunaan teknologi agar menciptakan pelayanan yang lebih efektif dan meningkatkan kepuasan masyarakat.***** The purpose of this study is to determine public public satisfaction with the quality of public services at the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal. The importance of quality public services lies in fulfilling citizens' basic rights, which must be delivered promptly, accurately, and efficiently. This research uses a descriptive qualitative method with a case study approach. Data collection techniques include observation, interviews with four participants consisting of two employees and two members of the public, documentation, and secondary data from public satisfaction survey reports. The results of the study show that the quality of services at the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal is evaluated based on the five dimensions of public service quality: tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy. Factors influencing public satisfaction include service policy aspects and service innovation. Strategies to improve service quality include holding regular morning assemblies to foster employee discipline and readiness, conducting public satisfaction surveys as evaluation material, and carrying out active outreach to villages and schools. The quality of services at the Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tegal has been running well. However, improvements are still needed, such as maintaining the cleanliness of public facilities, enhancing employee punctuality, and utilizing technology to create more effective services and increase public satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E.,M.M ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: FE > D IV Administrasi Perkantoran Digital
Depositing User: Hetmylia Kusumawati .
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:21
Last Modified: 11 Aug 2025 04:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59654

Actions (login required)

View Item View Item