SALVARA RASLIANI PUTRI, . (2025) EVALUASI PENINGKATAN KAPASITAS KADER PKK DALAM MENYUSUN LAPORAN PASCA-PELATIHAN GOOGLE DOCS DAN GOOGLE SHEETS BERDASARKAN MODEL KIRKPATRICK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
File COVER.pdf Download (890kB) |
![]() |
Text
File BAB 1.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text
File BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text
File Daftar Pustaka.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
File Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pelatihan berbasis digital menjadi strategi penting dalam peningkatan kapasitas kader masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas pelatihan Google Docs dan Google Sheets terhadap peningkatan kemampuan kader PKK dalam menyusun laporan, berdasarkan Model Evaluasi Kirkpatrick yang mencakup empat level: reaksi, pembelajaran, perilaku, dan hasil. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif evaluatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil menunjukkan bahwa peserta memberikan respon positif terhadap pelatihan, terjadi peningkatan pemahaman serta keterampilan digital, kemampuan tersebut diaplikasikan dalam praktik pelaporan, dan hasil akhirnya menunjukkan laporan yang lebih efisien, akurat, dan akuntabel. Studi ini menegaskan pentingnya integrasi pelatihan digital dalam penguatan kapasitas kader PKK sebagai bagian dari program pemberdayaan masyarakat berkelanjutan. ***** Digital-based training has become a key strategy in enhancing the capacity of community cadres. This study aims to evaluate the effectiveness of training in Google Docs and Google Sheets on improving the reporting skills of PKK cadres, using the Kirkpatrick Evaluation Model covering four levels: reaction, learning, behavior, and results. A qualitative evaluative approach was applied, with data collected through interviews, observations, and questionnaires. Results show that participants responded positively, demonstrated improved digital competence, applied their skills in report writing, and produced more efficient and accountable reports. The study underscores the importance of integrating digital training in strengthening PKK cadres’ capacity within sustainable community empowerment programs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Elais Retnowati, M.Si.; 2). Karta Sasmita, S.Pd., M.Si., Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Salvara Rasliani Putri . |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 08:27 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59789 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |