PENGEMBANGAN SISTEM NAVIGASI DAN KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA “MI ROBOT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

MUHAMMAD FERNANDA, . (2025) PENGEMBANGAN SISTEM NAVIGASI DAN KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA “MI ROBOT” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan MI ROBOT sebagai media pembelajaran interaktif bagi anak berkebutuhan khusus dengan menambahkan sistem navigasi dan komunikasi berbasis suara. Sistem navigasi dirancang agar MI ROBOT mampu bergerak secara otomatis dan menghindari halangan menggunakan sensor RPLiDAR berbasis metode Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) dengan algoritma Hector SLAM yang dijalankan melalui Robot Operating System (ROS). Pengujian sistem menunjukkan bahwa robot mampu memetakan lingkungan ruang kerja dalam bentuk peta 2D secara akurat dan real-time, dengan rata-rata error pemetaan sebesar 0,83% dan akurasi sensor RPLiDAR sebesar 99,65%. Untuk meningkatkan aspek interaktif, sistem komunikasi berbasis Artificial Intelligence (AI) ditambahkan, memungkinkan robot mengenali dan merespons perintah suara pengguna secara alami. Integrasi sistem navigasi dan komunikasi ini diharapkan mampu menciptakan pengalaman belajar yang inklusif, menyenangkan, dan adaptif bagi anak-anak dengan hambatan intelektual, sekaligus menjadi referensi pengembangan teknologi pendidikan berbasis robotika di masa depan. ***** This study aims to develop MI ROBOT as an interactive learning medium for children with special needs by integrating a navigation system and voice-based communication. The navigation system is designed to enable MI ROBOT to move autonomously and avoid obstacles using an RPLiDAR sensor based on the Simultaneous Localization and Mapping (SLAM) method with the Hector SLAM algorithm, executed through the Robot Operating System (ROS). System testing shows that the robot is capable of mapping the workspace environment into a 2D map accurately and in real-time, with an average mapping error of 0.83% and RPLiDAR sensor accuracy of 99.65%. To enhance interactivity, an Artificial Intelligence (AI)-based communication system was added, allowing the robot to naturally recognize and respond to user voice commands. The integration of navigation and communication systems is expected to provide an inclusive, engaging, and adaptive learning experience for children with intellectual disabilities, while also serving as a reference for future developments in educational robotics technology.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Taryudi, S.T., M.T., Ph.D. ; 2). Ir. Heri Firmansyah, S.T., M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > D IV Teknologi Rekayasa Otomasi
Depositing User: Muhammad Fernanda .
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:10
Last Modified: 12 Aug 2025 07:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59916

Actions (login required)

View Item View Item