ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK FOUNDATION UNTUK RIAS WAJAH PESTA

ERIKA SYAVITA AULIANA REZA, . (2025) ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK FOUNDATION UNTUK RIAS WAJAH PESTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Pernyataan, Lembar Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (812kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Meningkatnya perkembangan tren kecantikan di Indonesia menimbulkan ketatnya persaingan pada industri kosmetik. Salah satu kosmetik yang merupakan kunci sebuah make-up adalah foundation. Foundation berfungsi meratakan warna kulit dan menyempurnakan make-up terutama make-up pesta yang membutuhkan riasan yang cukup berat guna meningkatkan kepercayaan diri. Banyaknya jenis foundation yang beredar menimbulkan berbagai macam preferesi konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk foundation. Atribut foundation merupakan unsur yang menjadi pembeda dalam keputusan pembelian produk foundation, sehingga memberikan nilai tambah serta pertimbangan dalam pengambilan keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi konsumen dalam keputusan pembelian foundation untuk rias wajah pesta. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan data dilakukan melalui kuesioner Google Form dan metode pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Chi Square. Hasil penelitian menujukkan bahwa atribut harga dan warna foundation menjadi atribut yang paling diperhatikan konsumen dalam melakukan pembelian. Atribtu harga menjadi atribut yang paling dipertimbangkan konsumen sebelum membuat keputusan pembelian. Tingginya preferensi konsumen dalam mengutamakan atribut harga menunjukkan bahwa konsumen tetao mengutamakan aspek ekonomis meskipun foundation yang dgunakan dalam acara pesta membutuhkan ketahanan yang lebih lama. Atribut kemasan menjadi atribut yang paling kurang dipertimbangkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian karena konsumen lebih mementingkan isi di dalam kemasan. ***** The increasing development of beauty trends in Indonesia has given rise to tight competition in the cosmetics industry. Foundation is a key cosmetic ingredient in makeup. Foundation evens out skin tone and enhances makeup, especially for party makeup, which requires heavy application to boost confidence. The wide variety of foundations available has led to a wide range of consumer preferences when it comes to purchasing foundations. Foundation attributes are key factors in choosing a foundation, providing added value and considerations in purchasing decisions. This study was conducted to determine consumer preferences in purchasing decisions for foundation for party makeup. The population was composed of students majoring in Makeup at the State University of Jakarta. Data collection was conducted using a questionnaire. Google Form and the sampling method is carried out using the technique Purposive Sampling. Data analysis was carried out using Chi Square.The research results show that the price and color of foundation are the attributes that consumers pay most attention to when making a purchase. Price is the attribute that consumers consider most before making a purchase decision. The high consumer preference for price attributes indicates that consumers still prioritize economic aspects even though foundation used for parties requires longer durability. Packaging attributes are the attribute that consumers consider least when making a purchase decision because consumers prioritize the contents of the packaging.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Titin Supiani, S.Pd., M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Neneng Siti Silfi Ambarwati, S.Si, Apt., M.Si.
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Erika Syavita Auliana Reza .
Date Deposited: 12 Aug 2025 02:59
Last Modified: 12 Aug 2025 02:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/59932

Actions (login required)

View Item View Item