PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI PERSEPSI TERHADAP PROFESI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO)

AHMAD BURHAN FALAHI, . (2025) PENGARUH PENGALAMAN PRAKTIK KETERAMPILAN MENGAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU MELALUI PERSEPSI TERHADAP PROFESI GURU SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA PRODI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (852kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman Praktik Keterampilan Mengajar (PKM), efikasi diri, dan persepsi terhadap profesi Guru terhadap minat menjadi Guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2020 dan 2021. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling terhadap 60 responden, dengan teknik analisis jalur serta pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengalaman PKM tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat menjadi Guru (sig. = 0,873; thitung = -0,160 < ttabel = 2,003) maupun terhadap persepsi terhadap profesi guru (sig. = 0,095; thitung = -1,700). Efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menjadi guru (sig. < 0,001; thitung = 6,919 > ttabel) dan juga terhadap persepsi terhadap profesi Guru (sig. < 0,001; thitung = 7,005 > ttabel). Persepsi terhadap profesi Guru tidak berpengaruh langsung terhadap minat menjadi Guru (sig. = 0,401; thitung = 0,845 < ttabel). Namun, persepsi terhadap profesi Guru memediasi secara penuh pengaruh pengalaman PKM terhadap minat menjadi Guru (pengaruh tidak langsung = 0,015). Sebaliknya, persepsi terhadap profesi Guru hanya memediasi secara parsial pengaruh efikasi diri terhadap minat menjadi Guru (pengaruh tidak langsung = 0,062). Dengan demikian, efikasi diri merupakan faktor yang paling dominan dalam memengaruhi minat mahasiswa untuk menjadi Guru. ***** This study aims to analyze the influence of Teaching Skills Practice (PKM), self-efficacy, and perceptions of the teaching profession on the interest in becoming a teacher among Electrical Engineering Education students of the 2020 and 2021 cohorts. The research employed a quantitative approach with purposive sampling involving 60 respondents, with path analysis and data were processed using SPSS. The results showed that PKM experience had no direct effect on interest in becoming a teacher (sig. = 0.873; ttest = -0.160 < ttable = 2.003) nor on perceptions of the teaching profession (sig. = 0.095; t = -1.700). Self-efficacy had a significant influence on both interest in becoming a teacher (sig. < 0.001; ttest = 6.919 > ttable) and perceptions of the teaching profession (sig. < 0.001; ttest = 7.005 > ttable). Meanwhile, perceptions of the teaching profession did not have a direct effect on the interest in becoming a teacher (sig. = 0.401; ttest = 0.845 < ttable). However, perceptions of the teaching profession fully mediated the relationship between PKM experience and interest in becoming a teacher (indirect effect = 0.015). On the other hand, it only partially mediated the relationship between self-efficacy and interest in becoming a teacher (indirect effect = 0.062). Thus, self-efficacy is the most influential factor in shaping students' interest in pursuing a teaching career.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Muksin, M.Pd. ; 2). Dr. Faried Wadjdi, M.Pd., M.M.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Ahmad Burhan Falahi .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:10
Last Modified: 12 Aug 2025 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60009

Actions (login required)

View Item View Item