PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PEMBERSIH PUBLIC AREA BERBASIS APLIKASI SCRATCH PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERHOTELAN DI SMK NEGERI 32 JAKARTA

WAHIDAH NOOR, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PEMBERSIH PUBLIC AREA BERBASIS APLIKASI SCRATCH PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR PERHOTELAN DI SMK NEGERI 32 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover dan Abstrak Rev.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II (KAJIAN TEORI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III (METODE PENELITIAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB IV (PEMBAHASAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang kurang bervariasi dan cenderung monoton masih menjadi salah satu kendala dalam menciptakan proses belajar yang menarik dan interaktif bagi peserta didik. Hal ini mendorong perlunya pengembangan media yang lebih inovatif dan sesuai dengan karakteristik siswa saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis scratch pada materi alat-alat pembersih public area bagi peserta didik, serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis scratch sebagai sarana pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi media memperoleh persentase sebesar 96,15% dengan sedikit revisi; validasi materi memperoleh persentase sebesar 100% tanpa revisi; hasil validasi uji perorangan memperoleh sebesar 95,37%; hasil validasi uji kelompok kecil memperoleh sebesar 95,83%; hasil validasi uji lapangan memperoleh 95,61%. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis scratch dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran, Research and Development, Scratch. ***** The use of instructional media that lacks variety and tends to be monotonous remains one of the challenges in creating an engaging and interactive learning process for students. This condition highlights the need for the development of more innovative media that aligns with the characteristics of today's learners. This study aims to develop Scratch-based instructional media for teaching the topic of public area cleaning tools to students, as well as to determine the feasibility of Scratch-based media as a learning tool. This research employs a Research and Development (R&D) approach, which includes five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the study show that the average media validation score reached 96.15% with minor revisions; the material validation reached 100% with no revisions; individual testing scored 95.37%; small group testing scored 95.83%; and field testing scored 95.61%. Based on these findings, the scratch-based instructional media is considered highly feasible for use in the learning process. Keywords: ADDIE, Learning Media, Research and Development, Scratch.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mulyati, S.Pd., M.Si. ; 2). Dr. Muh. Faesal, MH., M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Wahidah Noor .
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:29
Last Modified: 13 Aug 2025 02:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60019

Actions (login required)

View Item View Item