PENGARUH MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI KOTA BEKASI

TIKA EKA ANGGREINI, . (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI KOTA BEKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. TESIS BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text
3. TESIS BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
4. TESIS BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text
5. TESIS BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text
6. TESIS BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah factorial design 2x2 by level. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan angket untuk mengukur disposisi matematis. Analisis dat menggunakan ANAVA dua jalur dan uji-tdengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran ekspositori.(2)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis.(3)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang diberi perlakuan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran ekspositori.(4)Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan kemampuan awal matematika rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran ekspositori.(5)Terdapat perbedaan disposisi matematis siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran TSTS dengan siswa yang diberi perlakuan model ekspositori.(6)Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap disposisi matematis siswa.(7)Terdapat perbedaan disposisi matematis pada siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang diberi perlakuan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran ekspositori.(8)Tidak terdapat perbedaan disposisi matematis pada siswa dengan kemampuan awal matematika rendah yang diberi perlakuan model pembelajaran TSTS dan model pembelajaran ekspositori. This study aims to determine the effect of the Two Stay Two Stray (TSTS) cooperative learning model on students' problem solving abilities and mathematical dispositions. The research method used in this study is quasi-experimental. The design used is a 2 x 2 by level factorial design. Data collection techniques use test instruments to measure problem solving abilities and questionnaires to measure mathematical disposition. Data analysis used two-way ANAVA and t-test with a significance level of 0.05. The results showed that (1) There was a difference in the mathematical problem solving ability of students who used the TSTS learning model and students who used expository learning models. (2) There is an influence of interaction between learning models and early mathematical abilities on mathematical problem solving abilities. (3) There are differences in mathematical problem solving abilities in students with high initial mathematical ability who are treated with the TSTS learning model and expository learning model. (4) There is no difference in mathematical problem solving abilities in students with low mathematical initial ability who are treated with the TSTS learning model and expository learning model. (5) There is a difference in the mathematical disposition of students who are treated with the TSTS learning model and students who are treated with expository models. (6) There is an influence of interaction between the learning model with the initial mathematical ability of students' mathematical disposition. (7) There are differences in mathematical disposition in students with high initial mathematical ability who are treated with the TSTS learning model and expository learning model. (8) There is no difference in mathematical disposition in students with low mathematical initial ability who are treated with the TSTS learning model and expository learning model.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si. 2) Dr. Eti Dwi Wiraningsih, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2155 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 15:51
Last Modified: 17 Apr 2020 15:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item