PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENULIS AKADEMIK BAHASA INGGRIS MELALUI FLIPPED LEARNING

MEIDA FITRIANA, . (2024) PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE UNTUK MENULIS AKADEMIK BAHASA INGGRIS MELALUI FLIPPED LEARNING. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pembelajaran think talk write untuk menulis akademik Bahasa Inggris melalui flipped learning. Ada lima masalah yang dikaji dalam penelitian ini yaitu análisis kebutuhan, análisis strategi pembelajaran yang sedang digunakan, rancangan produk strategi pembelajaran TTW, uji kelayakan strategi pembelajaran TTW yang telah dikembangkan, dan hasil akhir produk pengembangan strategi pembelajaran TTW. Karakteristik produk yang dikembangkan adalah strategi pembelajaran think talk write untuk pembelajaran menulis akademik Bahasa Inggris yang diaplikasikan melalui flipped learning yang terimplementasi menggunakan google classroom, WA, dan LMS. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian mix methods research yaitu menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif. Sementara metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (research and development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini mengacu pada konsep Borg dan Gall. Data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif yang diambil melalui hasil pengamatan, dokumen, dan wawancara. Sedangkan data kuantitatif diambil dari data tes yang diambil pada tahap uji coba kelompok besar. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah, pakar, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumen, FGD, dan tes menulis. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan strategi pembelajaran menulis akademik Bahasa Inggris yang bisa sesuai pada kebutuhan konteks mata kuliah menulis Bahasa Inggris, fasilitas perangkat teknologi yang dimiliki mahasiswa, dosen, dan lembaga pendidikan, strategi yang bisa membangun pola berpikir kritis dan kreatifitas untuk mengembangkan tulisan. 2) Strategi pembelajaran untuk kelas menulis pada kelas daring terkesan konvensional dan mahasiswa pasif. 3) Rancangan konsep strategi pembelajaran TTW untuk kelas menulis akademik Bahasa Inggris melalui flipped learning telah disesuaikan dengan konsep think talk write sesuai analisis kebutuhan. 4) Pada tahap uji coba kelompok kecill dan penilaian awal oleh pakar dan rekan sejawat, draf awal diperbaiki pada bagian pengembangan kreatifitas strategi pembelajaran TTW, peningkatan peran mahasiswa dalam proses belajar, materi yang diberikan harus memenuhi kebutuhan mahasiswa dikembangkan dalam proses think dan talk, dan mempertajam aktifitas mahasiswa pada tahap talk. Sedangkan hasil uji coba kelompok besar menunjukkan bahwa strategi pembelajaran TTW dinilai layak dan efektif. 5) Strategi pembelajaran TTW telah memiliki penambahan langkah yaitu retalk dan pada konsep akhir ini ada penambahan aplikasi teknologi yaitu LMS yang digunakan oleh dosen sebagai sumber belajar. Kata Kunci: Bahasa Inggris, Flipped Learning, Menulis Akademik, Strategi TTW. *** ABSTRACT The aim of this research is to develop a think talk write learning strategy for English academic writing through flipped learning. There are five problems studied in this research, namely needs analysis, analysis of learning strategies that are being used, design of TTW learning strategy products, feasibility testing of TTW learning strategies that have been developed, and the final results of TTW learning strategy development products. The characteristic of the product developed is the think talk write learning strategy for learning English academic writing which is applied through flipped learning which is implemented using Google Classroom, WA and LMS. The research used a mixed methods research approach, namely combining qualitative and quantitative methods. Meanwhile, the research method used in this research is the research and development method. These research and development steps refer to the Borg and Gall konsep. There are two types of data in this research, namely qualitative data taken through observations, documents and interviews. Meanwhile, quantitative data was taken from test data taken at the large group trial stage. The data sources in this research are students, course lecturers, experts, and documents. Data collection techniques use questionnaires, interviews, documents, FGDs, and writing tests. Data analysis techniques use qualitative and quantitative methods. The research results concluded that 1) the results of the needs analysis show that students need strategies for learning English academic writing that can be adapted to the needs of the English writing course context, technological equipment facilities owned by students, lecturers and educational institutions, strategies that can build thinking patterns. critical and creative to develop writing. 2) Learning strategies for writing classes in online classes seem conventional and students are passive. 3) The design of the TTW learning strategy konsep for English academic writing classes through flipped learning has been adapted to the think talk write concept according to needs analysis. 4) At the small group trial stage and initial assessment by experts and colleagues, the initial draft is revised in the section on developing creativity in TTW learning strategies, increasing the role of students in the learning process, the material provided must meet student needs and be developed in the think and talk process, and sharpen student activities at the talk stage. Meanwhile, the results of large group trials show that the TTW learning strategy is considered feasible and effective. 5) The TTW learning strategy has added steps, namely retalk, and in this final konsep there are additional technology applications, namely LMS which are used by lecturers as learning resources. Keywords: English, Flipped Learning, Academic Writing, TTW Strategy

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Dr. Liliana Muliastuti, M.Pd 2) Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: MEIDA FITRIANA .
Date Deposited: 12 Aug 2025 04:15
Last Modified: 12 Aug 2025 04:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60067

Actions (login required)

View Item View Item