PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BRYOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA

DITA AMALIA, DA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BRYOPEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar isi skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Biologi merupakan ilmu kontekstual yang mempelajari makhluk hidup. Pembelajaran biologi lebih bermakna dengan mengenal objek-objek biologi secara langsung. Daerah perkotaan memiliki kendala dalam mempelajari tumbuhan lumut. Kendala dapat diatasi dengan penggunaan media pembelajaran. Proses belajar siswa memerlukan kemampuan membaca yang baik untuk mendapatkan informasi pengetahuan dan mengelola pengetahuan. Tahun 2000-2015, Indonesia termasuk negara yang memiliki tingkat literasi membaca sangat rendah. Tujuan penelitian ini berdasarkan analiasis kebutuhan dan potensi smartphone adalah mengembangkan media pembelajaran E-Bryopedia untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca serta mempermudah siswa memahami materi tumbuhan lumut. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RND) dengan beberapa tahap, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, penyempurnaan produk, serta uji efektivitas produk. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 4 Bekasi pada bulan Januari 2020. Subjek uji penelitian meliputi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, 10 peserta didik kelompok kecil, 35 peserta didik kelompok besar, dan guru biologi. Analisis data yang didapat adalah normal, homogen dan tolak H0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Bryopedia mendapatkan skor rata-rata 86,8 dengan kategori sangat layak digunakan. Rata-rata skor pre test dan post test adalah 59,18 dan 75,92. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa E-Bryopedia layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat memberikan peningkatan terhadap kemampuan literasi membaca siswa dalam memahami materi tumbuhan lumut. Kata Kunci: ensiklopedia elektronik, literasi membaca, research & development.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Rizhal Hendi Ristanto, M.Pd 2) Agung Sedayu, Msc
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 773 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2020 13:17
Last Modified: 17 Apr 2020 13:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6008

Actions (login required)

View Item View Item