AULIA HASANAH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
AULIA HASANAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (realiable) tentang seberapa jauh hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Januari sampai Mei 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta berjumlah 72 orang siswa. Sampel penelitian sebanyak 58 orang siswa yaitu siswa kelas XI Pemasaran dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variable X (kebiasaan belajar), digunakan instrument berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji realibilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variable Y (prestasi belajar) menggunakan data sekunder berupa data dokumen nilai raport semester ganjil siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta. Hasil realibilitas variable X (Kebiasaan belajar) sebesar 1.048. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 60,76 + 0,258 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,114 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.116. Maka Lo < Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (-2.49) < Ftabel (2.21), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (44,97) > Ftabel (4.02), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0,67. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang doperoleh adalah thitung (9.57), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 58 – 2 = 56 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1,68, berarti thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.672 = 0.45. Ini menunjukkan bahwa 45% variasi prestasi belajar ditentukan oleh kebiasaan belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI pemasaran di SMK Negeri 46 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra Rochyati, M.Pd, ; 2). Dra Nurahma Hajat, M.Si |
Subjects: | Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 10:43 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 10:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6011 |
Actions (login required)
View Item |