PENGARUH PERILAKU SELFIE-EDITING TERHADAP KECENDERUNGAN SOCIAL APPEARANCE ANXIETY PADA REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA INSTAGRAM

RESTYAN ANDA, . (2025) PENGARUH PERILAKU SELFIE-EDITING TERHADAP KECENDERUNGAN SOCIAL APPEARANCE ANXIETY PADA REMAJA PEREMPUAN PENGGUNA INSTAGRAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_compressed.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari perilaku selfie-editing terhadap kecenderungan social appearance anxiety pada remaja perempuan pengguna Instagram. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 104 remaja perempuan pengguna Instagram. Pengukuran kecenderungan social appearance anxiety dilakukan menggunakan 16 item instrumen Social Appearance Anxiety Scale (SAAS) yang dikembangkan oleh Hart et al. (2008) dan telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia. Untuk mengukur perilaku selfie-editing, instrumen yang digunakan adalah 14 item Skala Frekuensi Manipulasi Foto yang disusun oleh Al Fariz, Anissa, Handayani, dan Muhtadini (2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku selfie-editing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kecenderungan social appearance anxiety pada remaja perempuan pengguna Instagram (p < 0,05) dengan sumbangan pengaruh sebesar 16,7%. Sehingga, semakin tinggi tingkat perilaku selfie-editing pada remaja perempuan, maka kecenderungan social appearance anxiety-nya akan meningkat. ***** This study aims to determine whether there is an influence of selfie-editing behavior on the tendency of social appearance anxiety in adolescent female Instagram users. The research method used in this study is a quantitative research method. The sampling technique used in this study is purposive sampling. The number of samples in this study were 104 adolescent girls who use Instagram. Measurement of the tendency of social appearance anxiety is done using 16 items of Social Appearance Anxiety Scale (SAAS) instrument developed by Hart et al. (2008) and has been adapted into Indonesian. To measure selfie-editing behavior, the instrument used was the 14-item Photo Manipulation Frequency Scale developed by Al Fariz, Anissa, Handayani, and Muhtadini (2024). The results showed that selfie-editing behavior has a positive and significant effect on the tendency of social appearance anxiety in adolescent female Instagram users (p < 0.05) with an influence contribution of 16.7%. Thus, the higher the level of selfie-editing behavior in adolescent girls, the tendency of social appearance anxiety will increase.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Phill. Zarina Akbar, M.Psi. ; 2). Novitasari R. Damanik, M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30294 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:33
Last Modified: 12 Aug 2025 07:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60149

Actions (login required)

View Item View Item