PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DIGITAL DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA SMAN 62 JAKARTA

INNISA KUMALA HAYATI, . (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DIGITAL DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SISWA SMAN 62 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital terhadap literasi ekonomi digital dengan self efficacy sebagai variabel intervening pada siswa sma negeri 62 jakarta. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yaitu 169 siswa dari populasi yang digunakan siswa kelas X. Analisis data menggunaan SEM-PLS dengan software SmartPLS. Hasil penelitian ini, pengaruh langsung penggunaan media pembelajaran digital terhadap literasi ekonomi digital siswa dengan path coefficient menunjukkan nilai original sample 0.399 > 0, t-statistik 5.868 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, pengaruh langsung penggunaan media pembelajaran digital terhadao self efficacy siswa dengan path coefficient menunjukkan nilai original sample 0.660 > 0, t-statistik 12.792 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05, pengaruh langsung self efficacy siswa terhadap literasi ekonomi digital siswa dengan path coefficient menunjukkan nilai original sample 0.497 > 0, t-statistik 6.935 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05. Dan pengaruh tidak langsung penggunaan media pembelajaran digital terhadap literasi ekonomi digital melalui self efficacy dengan path coefficient menunjukan nilai original sample 0.328 > 0, t-statistik 6.421 > 1.96 dan p-value 0.000 < 0.05. Kata kunci : Media Pembelajaran Digital, Literasi Ekonomi Digital, Self Efficacy, Pengaruh Langsung, Pengaruh Tidak Langsung ***** This study aim for know influence use of digital learning media towards literacy digital economy with self-efficacy as intervening variables in students State Senior High School 62 Jakarta . Research This For know influence direct and indirect direct . Research This use method quantitative with method data collection using questionnaire . Number the sample was 169 students from population used student Class X. Data analysis using SEM-PLS with SmartPLS software . Research results this , influence direct use of digital learning media towards literacy student digital economy with the path coefficient showing original sample value 0.399 > 0, t- statistic 5.868 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.05, the influence direct limited use of digital learning media self-efficacy student with the path coefficient showing original sample value 0.660 > 0, t- statistic 12.792 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.05, the influence direct self-efficacy student to literacy student digital economy with the path coefficient showing original sample value 0.497 > 0, t- statistic 6.935 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.05. And the influence No direct use of digital learning media towards literacy digital economy through self-efficacy with the path coefficient showing original sample value 0.328 > 0, t- statistic 6.421 > 1.96 and p-value 0.000 < 0.05. Keywords : Digital Learning Media , Digital Economic Literacy , Self Efficacy, Direct Impact, Indirect Impact

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suparno., S.Pd., M.Pd ; 2). Aditya Pratama., S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Innisa Kumala Hayati .
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:39
Last Modified: 13 Aug 2025 08:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60151

Actions (login required)

View Item View Item