PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF DENGAN 7E LEARNING CYCLE PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP

WISNU MAULANA, . (2025) PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF DENGAN 7E LEARNING CYCLE PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (295kB)
[img] Text
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul digital interaktif dengan menerapkan model pembelajaran 7E Learning Cycle yang dilengkapi video pembelajaran pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tahap analyze, materi yang dipilih adalah bentuk aljabar dan menerapkan model pembelajaran 7E Learning Cycle. Tahap design menghasilkan rancangan modul digital, kuesioner validasi ahli, dan kuesioner uji coba kelayakan. Pada tahap develop menghasilkan draft awal media dan memperoleh penilaian melalui validasi dari para ahli. Pada validasi ahli, produk memperoleh penilaian sebesar 91,5% dari ahli pembelajaran, 92,86% dari ahli materi, dan 93,75% dari ahli media dan bahasa. Tahap implement memperoleh penilaian dari uji coba oleh guru sebesar 93,48%, sebesar 88,56% dari uji coba siswa kelompok kecil, dan sebesar 87,08% dari uji coba siswa kelompok besar. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut diperoleh persentase nilai rata-rata kelayakan media sebesar 91,21% atau jika diinterpretasikan maka modul digital interaktif dengan menerapkan model pembelajaran 7E Learning Cycle yang dilengkapi video pembelajaran pada materi bentuk aljabar untuk siswa SMP kelas VII tergolong sangat layak untuk dijadikan sebagai media belajar bagi guru dan siswa. E-book dapat diakses melalui link https://view.genially.com/66201f11147b370014a72291/interactive-content-modul-bentuk-aljabar-by-wisnu-maulana ***** This study aims to develop a learning medium in the form of an interactive digital module by applying the 7E Learning Cycle model, supplemented with instructional videos on algebraic forms for seventh-grade junior high school students. The research method employed is development research, referring to the ADDIE model, which consists of five stages: analyze, design, develop, implement, and evaluate. Based on the needs analysis conducted during the analyze stage, the selected material was algebraic forms, and the 7E Learning Cycle model was applied. The design stage produced a draft of the digital module, expert validation questionnaires, and feasibility trial questionnaires. The develop stage resulted in an initial draft of the media and obtained assessments through expert validation. The expert validation phase yielded scores of 91.5% from instructional experts, 92.86% from content experts, and 93.75% from media and language experts. The implement stage included evaluations from trials conducted by teachers (93.48%), small group student trials (88.56%), and large group student trials (87.08%). Based on the evaluation results, the average feasibility percentage of the media was 91.21%. This indicates that the interactive digital module, which applies the 7E Learning Cycle model and includes instructional videos on algebraic forms for seventh-grade junior high school students, is considered highly feasible as a learning medium for both teachers and students. The interactive digital module can be accessed via the following link: https://view.genially.com/66201f11147b370014a72291/interactive-content-modul-bentuk-aljabar-by-wisnu-maulana

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ellis Salsabila, M.Si. ; 2). Leny Dhianti Haeruman, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wisnu Maulana .
Date Deposited: 12 Aug 2025 06:50
Last Modified: 12 Aug 2025 06:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60153

Actions (login required)

View Item View Item