PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS MAKANAN, DAN CITRA DESTINASI, TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA PADA INTENSI BERWISATA KULINER KEMBALI KE KOTA BOGOR

BALKIS RAMADANI ISKANDAR, . (2016) PENGARUH MOTIVASI, KUALITAS MAKANAN, DAN CITRA DESTINASI, TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA PADA INTENSI BERWISATA KULINER KEMBALI KE KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI BALKIS LENGKAP.pdf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menguji secara empiris pengaruh motivasi terhadap kepuasan wisatawan yang berwisata kuliner di ke Kota Bogor, (2) pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan wisatawan, (3) pengaruh citra destinasi terhadap kepuasan wisatawan, (4) pengaruh kepuasan wisatawan terhadap revisit intention, (5) pengaruh motivasi terhadap revisit intention, dan (6) pengaruh citra destinasi terhadap revisit intention berwisata kuliner di ke Kota Bogor. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Objek penelitian ini ialah 200 responden yang sudah berwisata kuliner minimal sekali dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Pilot studi dilakukan kepada 50 orang responden. Analisis data menggunakan SPPS versi 19 dan SEM (Structural Equation Modeling) AMOS versi 22. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Motivasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (2) kualitas makanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (3) citra destinasi tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, (4) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, (5) motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, (6) citra destinasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap revisit intention. Nilai fit model dengan P sebesar 0.550, nilai CMIN/DF sebesar 1.127, nilai TLI sebesar 0.975, CFI sebesar 0.979 dan nilai RMSEA sebesar 0.025. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi pemerintah Kota Bogor maupun pemilik tempat kuliner, untuk membuat strategi yang lebih baik dalam meningkatkan kepuasan wisatawan agar wisatawan dapat berwisata kuliner kembali ke Kota Bogor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Ferry Wibowo, S.E, M.Si., ; 2). Usep Suhud, M.Si, Ph.D.,
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 23 Mar 2020 12:46
Last Modified: 23 Mar 2020 12:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6016

Actions (login required)

View Item View Item