UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN KEBON JERUK 04

Tsaltsa Nur Fajriah, . (2025) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SDN KEBON JERUK 04. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (341kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
DAFPUS.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa, seperti kurangnya kerja sama, empati, asertivitas, dan pengendalian diri saat berdiskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus pada siswa kelas V-A SDN Kebon Jeruk 04 Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah siswa yang memperoleh skor keterampilan sosial ≥70 dari 55,56% pada siklus I menjadi 85,19% pada siklus II. Rata-rata aktivitas guru juga meningkat dari 82% menjadi 97,3%, sedangkan rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 72,3% menjadi 89%, yang menunjukkan keterlibatan yang semakin optimal selama pembelajaran berlangsung. Selain itu, siswa mulai aktif menyampaikan pendapat, bekerja sama, serta menunjukkan sikap saling menghargai dan tidak mendominasi diskusi. Berdasarkan temuan tersebut, model pembelajaran kooperatif tipe Round Robin terbukti dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar dalam pembelajaran IPS. Kata kunci: keterampilan sosial, model pembelajaran kooperatif, Round Robin, pembelajaran IPS, siswa sekolah dasar. ***** This study aims to improve students’ social skills in Social Studies learning through the implementation of the cooperative learning model type Round Robin. The background of this research is the low level of students’ social skills, such as lack of cooperation, empathy, assertiveness, and self-control during group discussions. This research employed a Classroom Action Research (CAR) method conducted in two cycles involving fifth-grade students of SDN Kebon Jeruk 04, West Jakarta. Data were collected through observation, questionnaires, field notes, and documentation, and analyzed using both quantitative and qualitative approaches. The results showed that the Round Robin cooperative learning model effectively improved students’ social skills. This is evident from the increase in the number of students who achieved a minimum social skills score of ≥70, rising from 55.56% in Cycle I to 85.19% in Cycle II. The average teacher activity also increased from 82% to 97.3%, while the average student activity rose from 72.3% to 89%, indicating greater engagement and participation throughout the learning process. Furthermore, students became more active in expressing opinions, collaborating, and showing mutual respect without dominating the discussion. Based on these findings, the Round Robin cooperative learning model is proven to enhance the social skills of elementary school students in Social Studies learning. Keywords: social skills, cooperative learning model, Round Robin, social studies learning, elementary school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. ; 2). Prof. Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Tsaltsa Nur Fajriah .
Date Deposited: 12 Aug 2025 07:25
Last Modified: 12 Aug 2025 07:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60185

Actions (login required)

View Item View Item