ALDHI FEBRIANSYAH, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY MENGGUNAKAN ASSEMBLR EDU PADA ELEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai kelayakan serta kepraktisan pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dengan memanfaatkan platform Assemblr Edu pada materi pengelolaan sarana dan prasarana. Kegiatan penelitian dilakukan di SMKN 3 Jakarta pada tahun 2025 dengan melibatkan 34 siswa kelas XI MPLB. Subjek penelitian terdiri dari tiga validator yang meliputi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, serta seluruh siswa kelas XI MPLB sebagai responden. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama. Pada tahap Analyze, dilakukan identifikasi kebutuhan melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada siswa, yang mengindikasikan perlunya media pembelajaran yang lebih inovatif dan interaktif. Tahap Design mencakup perancangan konten materi, pemilihan model visual 3D, skema warna, serta pembuatan video pembelajaran. Selanjutnya, pada tahap Development, media yang telah dirancang divalidasi oleh para ahli dengan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 86%, ahli bahasa 90%, dan ahli media 89%, yang semuanya dikategorikan sangat layak. Pada tahap Implementation, media diuji coba kepada siswa melalui tiga fase uji, yaitu one-to-one evaluation (91%), uji kelompok kecil (91%), dan uji kelompok besar (92%), dengan seluruh hasil menunjukkan kategori sangat praktis. Terakhir, pada tahap Evaluation, dilakukan evaluasi komprehensif berdasarkan masukan dari setiap tahap pengembangan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pada materi pengelolaan sarana dan prasarana di SMKN 3 Jakarta. **** This study aims to assess the feasibility and practicality of developing Augmented Reality-based learning media using the Assemblr Edu platform for the topic of facilities and infrastructure management. The research was conducted at SMKN 3 Jakarta in 2025, involving 34 students from class XI MPLB. The research subjects included three validators comprising a material expert, a language expert, and a media expert as well as all XI MPLB students as respondents. The development of this learning media employed the ADDIE model, which consists of five main stages. In the Analyze stage, a needs assessment was carried out through observations and the distribution of questionnaires to students, which indicated the necessity for more innovative and interactive learning media. The Design stage involved developing content, selecting 3D visual models, color schemes, and creating instructional videos. In the Development stage, the media was validated by experts, resulting in feasibility ratings of 86% from the material expert, 90% from the language expert, and 89% from the media expert, all categorized as highly feasible. During the Implementation stage, the media was tested on students in three trial phases: oneto-one evaluation (91%), small-group testing (91%), and large-group testing (92%), all categorized as highly practical. Finally, the Evaluation stage involved a comprehensive review based on feedback from each development phase. The evaluation results confirmed that the developed learning media is both feasible and practical for use in teaching facilities and infrastructure management at SMKN 3 Jakarta.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Maulana Amirul Adha, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Aldhi Febriansyah . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 05:14 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 05:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60206 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |