RACHEL MARCELLYNA, . (2025) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN EFIKASI DIRI TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (509kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital dan efikasi diri terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Sarjana Terapan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya minat berwirausaha di kalangan mahasiswa, meskipun telah mendapatkan pembelajaran praktis dan teori kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 190 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap intensi berwirausaha, sedangkan efikasi diri menunjukkan pengaruh positif yang signifikan. Secara simultan, kedua variable berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha. Temuan ini memperkuat pentingnya pengembangan efikasi diri mahasiswa serta keterampilan digital untuk meningkatkan kesiapan dan motivasi mereka dalam memulai usaha. Penelitian ini merekomendasikan perguruan tinggi untuk merancang kurikulum kewirausahaan yang lebih terintegrasi dengan pelatihan literasi digital dan penguatan kepercayaan diri. ***** This study aims to analyze the influence of digital literacy and self-efficacy on the entrepreneurial intentions of Applied Bachelor students at the Faculty of Economics and Business, Universitas Negeri Jakarta. The main issue addressed is the low entrepreneurial interest among students, despite receiving both theoretical and practical entrepreneurship education. A quantitative approach was used through a survey method involving 190 students. Data were collected via questionnaires and analyzed using multiple linear regression. The results reveal that digital literacy has a positive but insignificant effect on entrepreneurial intention, while self-efficacy has a significant positive effect. Simultaneously, both variables significantly influence entrepreneurial intention. These findings highlight the importance of enhancing students’ self-efficacy and digital competence to foster their readiness and motivation in starting a business. This study recommends that higher education institutions integrate entrepreneurship curricula with digital literacy training and confidence-building programs.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Marsofiyati, S.Pd. ; 2). Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.Bus. |
Subjects: | Manajemen > Perilaku Konsumen |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | RACHEL MARCELLYNA . |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 16:17 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 16:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |