PENGARUH PENERAPAN KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN

MUHAMMAD NABIL FAUZUL, . (2025) PENGARUH PENERAPAN KUIS INTERAKTIF MENGGUNAKAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI UNSUR, SENYAWA, DAN CAMPURAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan kuis dalam kegiatan pembelajaran biasanya hanya dimanfaatkan sebagai penilaian untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik. Padahal kuis juga dapat diterapkan sebagai testing effect untuk meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kuis interaktif menggunakan Quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada materi unsur, senyawa, dan campuran. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari dua kelas VIII di SMP Mekar Sari Jakarta yang dipilih secara acak dengan teknik simple random sampling, dengan kelas eksperimen menggunakan media Quizizz dan kelas kontrol menggunakan media mind map. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, uji-t independen, serta N-Gain. Hasil uji menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol (p < 0,05), dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi pada kelas eksperimen. Nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,70 sedangkan kelas kontrol 0,57. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan kuis interaktif menggunakan Quizizz berpengaruh positif dan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dengan demikian, penerapan kuis sebagai testing effect menggunakan Quizizz dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21. ***** The application of quiz in learning activities is usually used as an assessment to measure the level of student understanding. However, quiz can also be implemented as a testing effect strategy to enhance the learning process. This study aims to determine the effect of using interactive quizzes through the Quizizz application on student learning outcomes in the topic of elements, compounds, and mixtures. The research used a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design. The sample consisted of two eighth grade classes at SMP Mekar Sari Jakarta, selected using simple random sampling. The experimental group used Quizizz, while the control group used mind maps. A multiple-choice test was used as the research instrument to assess student learning outcomes before and after the treatment. The data were analyzed using normality, homogenity tests, independent t-test, and N-Gain analysis. The results showed a significant difference in posttest scores between the experimental and control groups (p < 0,05), with the experimental group obtaining higher average scores. The average N-Gain score in the experimental group was 0,70 while the control group scored 0,57. These findings indicate that the use of interactive quizzes through Quizizz has a positive and effective impact on improving student learning outcomes. Therefore, the application of Quizizz as testing effect can be considered an engaging alternative learning media that aligns well with the demands of 21st-century education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Maria Paristiowati, M.Si. 2) Yussi Pratiwi, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Nabil Fauzul .
Date Deposited: 20 Aug 2025 02:15
Last Modified: 20 Aug 2025 02:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60237

Actions (login required)

View Item View Item