REGITA QURROTA AINI, . (2025) HUBUNGAN PENGETAHUAN DASAR KIMIA-FISIKA, KECERDASAN INTELEKTUAL, DAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS DENGAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MENGENAI EUTROFIKASI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) | Request a copy |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (353kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan parsial dan simultan antara pengetahuan dasar Kimia, pengetahuan dasar Fisika, kecerdasan intelektual, dan kemampuan bahasa Inggris terhadap pemahaman peserta didik mengenai eutrofikasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan pendekatan survei pada 201 peserta didik SMA Negeri 09 Bekasi. Data primer dalam penelitian ini akan diperoleh dari nilai pemahaman peserta didik mengenai eutrofikasi. Data sekunder akan mencakup nilai ujian semester pada mata pelajaran Kimia dan Fisika, skor IQ, dan skor TOEFL. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif signifikan antara pengetahuan dasar Kimia sebesar 34,8%, Fisika sebesar 43,8%, kecerdasan intelektual sebesar 58,2%, dan kemampuan bahasa Inggris 59,1% dengan pemahaman eutrofikasi. Secara simultan, keempat variabel tersebut berkontribusi sebesar 53% terhadap pemahaman peserta didik. Temuan ini menegaskan pentingnya pendekatan interdisipliner yang mengintegrasikan kompetensi kognitif dan linguistik untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap fenomena eutrofikasi.***** This study aims to analyze the partial and simultaneous relationships between basic knowledge of chemistry, basic knowledge of physics, intellectual intelligence, and English proficiency with students’ understanding of eutrophication. The research employed a quantitative associative method with a survey approach, involving 201 students from SMA Negeri 09 Bekasi. Primary data were obtained from students’ scores on eutrophication comprehension tests. Secondary data included semester exam scores in Chemistry and Physics, IQ scores, and TOEFL scores. Data analysis was conducted using simple and multiple linear regression to examine the relationships among the variables. The results showed a significant positive relationship between basic knowledge of chemistry (34.8%), physics (43.8%), intellectual intelligence (58.2%), and English proficiency (59.1%) with students’ understanding of eutrophication. Simultaneously, these four variables contributed 53% to students’ comprehension of the topic. These findings underscore the importance of an interdisciplinary approach that integrates cognitive and linguistic competencies to enhance students’ understanding of the phenomenon of eutrophication.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si 2). Dr. Adisyahputra, MS |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Fisika Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S2 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Regita Qurrota Aini . |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:21 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |