PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KEBUDAYAAN BETAWI PADA KONTEN QUANTITY DAN SPACE AND SHAPE UNTUK SISWA KELAS VIII SMP (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2024/2025 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta)

MUTIARA RAMADHANI CAMILA, . (2025) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA TIPE PISA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KEBUDAYAAN BETAWI PADA KONTEN QUANTITY DAN SPACE AND SHAPE UNTUK SISWA KELAS VIII SMP (Penelitian pada Mahasiswa Semester XIV Tahun Akademik 2024/2025 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil laporan PISA 2022, skor kemampuan membaca (reading literacy), matematika (mathematical literacy), dan sains (scientific literacy) siswa Indonesia telah mengalami penurunan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Untuk melatih kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan permasalahan nyata, diperlukan pembiasaan melalui pemberian soal matematika tipe PISA pada pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan soal matematika tipe PISA berbasis etnomatematika kebudayaan Betawi pada konten quantity dan space and shape yang valid dan praktis serta berfokus pada Level 3 dan 4. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model formative research yang meliputi tahap Preliminary dan Formative Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket, wawancara, walkthrough, validasi ahli, dan instrumen soal. Hasil validasi yang didapatkan dari 5 orang ahli yaitu menghasilkan skor 0,8571 dan tergolong pada kategori valid. Uji coba dilakukan di sekolah SMP Negeri 176 Jakarta pada siswa kelas VIII yaitu 6 orang siswa pada tahap small group dan 34 orang siswa pada tahap field test, menghasilkan persentase rata-rata kepraktisan sebesar 83,76% dimana soal yang dikembangkan berada pada kriteria praktis. Dari 7 butir soal yang dikembangkan dihasilkan 3 butir soal level 3 yaitu nomor 3, 6, dan 7 serta 4 butir soal level 4 yaitu nomor 1, 2, 4, dan 5. Dari butir soal tersebut, soal yang tergolong valid dan reliabel berdasarkan uji validitas butir, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran yaitu soal 1, 2, 4, 6, dan 7. Sedangkan dua butir soal lainnya berada pada kriteria sedang, artinya soal perlu diperbaiki kembali agar dapat menjadi alat ukur yang baik sebelum disebarluaskan dalam skala yang lebih besar.*****Based on the results of PISA 2022 report, the reading literacy, mathematical literacy, and scientific literacy scores of Indonesian students have declined compared to previous years. To practice students' mathematical literacy in solving real-world problems, it’s important to get them used to solving PISA-type math questions as part of their school learning. This study aims to develop valid and practical PISA-type mathematics questions based on ethnomathematics of Betawi culture in the content areas of quantity and space and shape, especially focusing on levels 3 and 4. The study uses a Research and Development method with a formative research model that includes the Preliminary and Formative Evaluation stages. Data collection techniques used include questionnaires, interviews, walkthroughs, expert validation, and question instruments. The validation results from five experts showed a score of 0.8571, which means the PISA-type mathematics question is considered valid. The trial was conducted at SMP Negeri 176 Jakarta with eighth-grade students, involving 6 students in the small group stage and 34 students in the field test stage. The average practicality percentage was 83.76%, suggesting that the questions developed are practical for use. From the 7 questions developed, 3 are classified as level 3 (questions 3, 6, and 7) and 4 as level 4 (questions 1, 2, 4, and 5). The questions that were validated and shown to be reliable, based on tests for item validity, reliability, discrimination index, and difficulty index are questions 1, 2, 4, 6, and 7. The other two questions are in the sufficient category and need some revised before it can be used on a larger scale.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Wardani Rahayu, M.Si., 2) Drs. Tri Murdiyanto, M.Si.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Ramadhani Camila .
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:44
Last Modified: 13 Aug 2025 03:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60430

Actions (login required)

View Item View Item