PENGARUH MOTIVASI AKADEMIK DAN PERSEPSI KEMUDAHAN DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP ACADEMIC DISHONESTY DALAM BENTUK PENYALAHGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA

ADITYA TISNA MAULANA, . (2025) PENGARUH MOTIVASI AKADEMIK DAN PERSEPSI KEMUDAHAN DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP ACADEMIC DISHONESTY DALAM BENTUK PENYALAHGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ADITYA TISNA MAULANA PENGARUH MOTIVASI AKADEMIK DAN PERSEPSI KEMUDAHAN DALAM PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE TERHADAP ACADEMIC DISHONESTY DALAM BENTUK PENYALAHGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA Skripsi Jakarta: Program Studi Psikologi, Fakultas Pendidikan Psikologi, Universitas Negeri Jakarta, 2025 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi akademik dan persepsi kemudahan dalam penggunaan arificial intelligence terhadap academic dishonesty dalam bentuk penyalahgunaan arificial intelligence pada mahasiswa tahun pertama. Metode penelitian yang digunakan secara kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Academic Motivasi Scale – Short Indonesia Langueage Version (Natalya, 2018), Perceived Ease of Use (Davis, 1993), dan Academic Dishonesty Scale (Bashir & Bala, 2018). Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel convinience sampling yang melibatkan 390 mahasiswa tahun pertama. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa secara parsial, motivasi akademik berpengaruh terhadap academic dishonesty dalam bentuk penyalahgunaan AI dan persepsi kemudahan dalam penggunaan AI berpengaruh terhadap academic dishonesty dalam bentuk penyalahgunaan AI. Secara simultan, motivasi akademik dan persepsi kemudahan dalam penggunaan AI berpengaruh signifikan terhadap academic dishonesty dalam bentuk penyalahgunaan AI (R² = 3,4%). Penelitian ini berimplikasi bahwa peningkatan motivasi akademik perlu diintervensi secara strategis untuk mencegah keterlibatan mahasiswa tahun pertama dalam penyalhgunaan AI. Kata kunci: academic dishonesty, motivasi akademik, persepsi kemudahan penggunaan, artificial intelligence, mahasiswa tahun pertama ***** ADITYA TISNA MAULANA THE INFLUENCE OF ACADEMIC MOTIVATION AND PERCEIVED EASE OF USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ON ACADEMIC DISHONESTY IN THE FORM OF MISUSE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE AMONG FIRST-YEAR STUDENTS Undergraduete Thesis Jakarta:Major of Psychology, Faculty of Psychology, State University of jakarta, 2025 ABSTRACT This study aims to determine the effect of academic motivation and perceived ease of use of artificial intelligence on academic dishonesty in the form of artificial intelligence misuse among first-year students. The research method used is quantitative with a multiple linear regression analysis model. Data collection techniques utilized the Academic Motivation Scale – Short Indonesian Language Version (Natalya, 2018), Perceived Ease of Use (Davis, 1993), and Academic Dishonesty Scale (Bashir & Bala, 2018). This study used convenience sampling involving 390 first-year students. The results of the multiple linear regression analysis showed that, partially, academic motivation influenced academic dishonesty in the form of AI misuse, and perceived ease of use influenced academic dishonesty in the form of AI misuse. Simultaneously, academic motivation and perceived ease of AI use significantly influence academic dishonesty in the form of AI misuse (R² = 3.4%). This study implies that increasing academic motivation needs to be strategically intervened to prevent first-year students from engaging in AI misuse. Keywords: academic dishonesty, academic motivation, perceived ease of use, artificial intelligence, first-year student

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rahmadianty Gazadinda, M.Sc ; 2). Adhissa Qonita, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Users 30662 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:25
Last Modified: 13 Aug 2025 03:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60494

Actions (login required)

View Item View Item