PENGARUH INFORMASI KONTEN INSTAGRAM PANDAWARA GROUP TERHADAP PERILAKU PRO-LINGKUNGAN (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA PRODI PPKN FISH UNJ ANGKATAN 2023)

DAVI EDRIALSYAH, - (2025) PENGARUH INFORMASI KONTEN INSTAGRAM PANDAWARA GROUP TERHADAP PERILAKU PRO-LINGKUNGAN (STUDI KUANTITATIF PADA MAHASISWA PRODI PPKN FISH UNJ ANGKATAN 2023). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (927kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi konten Instagram Pandawara Group terhadap perilaku pro-lingkungan mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Jakarta. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana edukasi dan kampanye sosial, khususnya dalam isu-isu lingkungan. Pandawara Group sebagai komunitas digital aktif diketahui rutin membagikan konten visual terkait pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Ex-post Facto. Sampel penelitian sebanyak 64 mahasiswa ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana, uji t, dan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara informasi konten Instagram Pandawara Group terhadap perilaku pro-lingkungan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,007 (<0,05) dan koefisien regresi sebesar 0,350. Namun, pengaruh tersebut tergolong rendah dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,110 atau bisa dibilang hanya 11% Pengaruhnya. Temuan ini mendukung teori belajar sosial Albert Bandura, yang menyatakan bahwa perilaku dapat dipelajari melalui pengamatan dan peniruan terhadap model sosial. ***** This study aims to examine the influence of Instagram content shared by the Pandawara Group on pro-environmental behavior among students of the Civic Education Program at Universitas Negeri Jakarta. The background of the research lies in the growing use of social media as an educational and social campaign platform, particularly regarding environmental issues. Pandawara Group, as an active digital community, consistently shares engaging visual content that promotes environmental awareness. This research employs a quantitative approach with an Ex-post Facto design. A total of 64 students were selected as respondents using simple random sampling. The research instrument was a questionnaire that had been tested for validity and reliability. Data were analyzed using simple linear regression, t-test, and ANOVA. The findings reveal that Instagram content from the Pandawara Group significantly influences pro-environmental behavior, with a significance value of 0.007 (<0.05) and a regression coefficient of 0.350. However, the level of influence is relatively low, as indicated by an R2 value of 0.110 or just 11% influence of that. These results support Albert Bandura’s Social Learning Theory, which posits that individuals can adopt behaviors through observation and imitation of social models.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd. ; 2). Iqbal Syafrudin, S.Pd., M.I.P.
Subjects: Geografi, Antropologi > Ilmu Lingkungan
Geografi, Antropologi > Ekologi sosial
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Davi Edrialsyah .
Date Deposited: 15 Aug 2025 00:59
Last Modified: 15 Aug 2025 00:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60685

Actions (login required)

View Item View Item