NETAYA NOFRA OKTARINA, . (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE DENGAN FITUR MONITORING DAN SIMULATOR PADA MATERI IKATAN KIMIA BAGI SISWA SMA DENGAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran berbasis website pada materi ikatan kimia serta mengetahui kualitas media yang dihasilkan dan mengetahui kelayakan media yang dihasilkan untuk digunakan dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 58 Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2025. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu, analisis (analyze), pengembangan (development), desain (design), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, yang terdiri dari kuesioner analisis pendahuluan siswa, kuesioner uji kelayakan para ahli, dan kuesioner uji coba media untuk siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, kriteria deskriptif kualitatif dengan skala penilaian, serta uji Hoyt untuk mengukur reliabilitas. Dari hasil penelitian ini didapatkan, hasil uji validasi oleh ahli materi dan bahasa sebesar 80% dengan kategori layak dan nilai reliabilitas (r) = 0.92 dan uji vallidasi oleh ahli media dengan rata-rata persentase sebesar 88.02% dengan kategori sangat layak dan nilai reliabilitas (r) = 0.92. Uji kelayakan guru didapatkan persentase sebesar 100% dengan kategori sangat layak, uji skala kecil siswa sebesar 92% dan uji skala besar pada siswa sebesar 89% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran berbasis website dengan fitur monitoring dan simulator pada materi ikatan kimia bagi siswa SMA dengan model guided discovery learning mampu mendukung proses pembelajaran siswa secara efektif dan interaktif. ***** This study aims to produce a website-based learning on the topic of chemical bonding and to determine the quality and feasibility of the resulting medium for use in learning. The subjects of this study are students of SMAN 58 Jakarta. The research was conducted from May to July 2025. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model, which consists of 5 stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection methods in this study involved questionnaires, comprising student preliminary analysis questionnaires, expert feasibility test questionnaires, and media trial questionnaires for both students and teachers. The data analysis techniques employed were quantitative descriptive analysis using a Likert scale, qualitative descriptive criteria with a rating scale, and the Hoyt test for reliability. From the results of this study, validation test results by material and language experts showed a score of 80% with a "feasible" category and a reliability value (r) = 0.92. Validation testing by media experts yielded an average percentage of 88.02% with a "highly feasible" category and a reliability value (r) = 0.92. The teacher feasibility test obtained a percentage of 100% with a "highly feasible" category, the small-scale student trial obtained 92%, and the large-scale student trial obtained 89%, all falling into the highly feasible category. Thus, the development of a website-based learning with monitoring and simulator features, guided by the Guided discovery learning model, can effectively and interactively support students' independent learning processes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Darsef Darwis, M.Si. ; 2). Elma Suryani, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam Sains > Kimia Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Netaya Nofra Oktarina . |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:37 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:37 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |