PENGARUH METODE PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION (3P) BERBANTUAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM 5.MIN.CRAFTS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 44 JAKARTA

RAHMAH DAMAYANTI, . (2025) PENGARUH METODE PRESENTATION, PRACTICE, PRODUCTION (3P) BERBANTUAN MEDIA VIDEO AKUN INSTAGRAM 5.MIN.CRAFTS TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (704kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Presentation, Practice, Production (3P) berbantuan media video akun Instagram @5.min.crafts terhadap keterampilan menulis teks prosedur yang dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 44 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui Teknik Simple Random Sampling yaitu dengan mengundi populasi kelas VII yang terdiri atas 8 kelas di SMP Negeri 44 Jakarta, sehingga terpilih kelas VII G sebagai kelas kontrol dan kelas VII H sebagai kelas eksperimen. Nilai rata-rata tes awal yang didapatkan kelas kontrol adalah 45, sedangkan tes akhir mendapatkan 63. Selisih kenaikan nilai tertinggi antara tes awal dan tes akhir sebesar 25 poin dan selisih kenaikan nilai terkecil adalah 10 poin. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata tes awal yang didapatkan adalah 48, sedangkan tes akhir mendapatkan 85. Selisih kenaikan nilai tertinggi antara tes awal dan tes akhir sebesar 42 poin dan selisih kenaikan nilai terkecil adalah 29 poin. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 25.0 dengan uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) pada tes awal kelas eksperimen memperoleh Sig. 0,200>0,05 dan pada tes akhir memperoleh Sig. 0,141>0,05. Sedangkan, tes awal kelas kontrol memperoleh Sig. 0.150>0,05 dan tes akhir memperoleh Sig. 0,200>0,05. Maka dinyatakan data berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan rata-rata (based on mean) memperoleh Sig. 0,220>0,05 dan dinyatakan data bersifat homogen. Dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil di atas, metode Presentation, Practice, Production (3P) berbantuan media video akun Instagram @5.min.crafts dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode dan media yang baik untuk pembelajaran menulis teks prosedur. selain itu, dapat diimplementasikan untuk materi pembelajaran teks laporan hasil percobaan. Kata Kunci: metode Presentation, Practice, Production (3P), media video akun Instagram @5.min.crafts, teks prosedur. ***** This research aims to determine the effect of the Presentation, Practice, Production (3P) method assisted by media from the Instagram account @5.min.crafts on the procedural text writing skills of seventh-grade students at SMP Negeri 44 Jakarta. This study used an experimental method with a pretest-posttest control group design. The sample in this study was selected through Simple Random Sampling technique by drawing from the seventh-grade population consisting of 8 classes at SMP Negeri 44 Jakarta, resulting in class VII G selected as the control class and class VII H as the experimental class. The average initial test score in the control class was 45, while the final test score was 63. The highest difference in score increase between the initial test and final test was 25 points, and the smallest score increase difference was 10 points. In the experimental class, the average initial test score was 48, while the final test score was 85. The difference in the highest score increase between the initial test and the final test is 42 points, and the smallest score increase difference is 29 points. The prerequisite test for data analysis was conducted with the help of SPSS 25.0 using the normality test (Kolmogorov-Smirnov); the initial test of the experimental class obtained Sig. 0.200>0.05 and the final test obtained Sig. 0.141>0.05. Meanwhile, the initial test of the control class obtained Sig. 0.150>0.05 and the final test obtained Sig. 0.200>0.05. Thus, it is stated that the data is normally distributed. The homogeneity test shows that the average (based on mean) obtained Sig. 0.220>0.05 and is stated to be homogeneous. It can be said that H0 is rejected and Ha is accepted. The hypothesis test conducted shows Sig. (2-tailed) 0.000<0.05 indicating a significant difference between the experimental class and the control class. Based on the results above, the Presentation, Practice, Production (3P) method assisted by the video media of the Instagram account @5.min.crafts can be used as one of the alternative methods and good media for learning to write procedural texts. In addition, it can be implemented for the material on report text writing of experimental results. Keywords: the Presentation, Practice, Production (3P) method, video media from the Instagram account @5.min.crafts, procedural text.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurita Bayu Kusmayati, M.Pd. ; 2). Dr. Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Rahmah Damayanti .
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:22
Last Modified: 14 Aug 2025 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60874

Actions (login required)

View Item View Item