PENGARUH CITRA TUBUH DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA DEWASA AWAL YANG SUDAH BEKERJA

MUHAMMAD ANGGA RIZKY SAPUTRA, . (2025) PENGARUH CITRA TUBUH DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA DEWASA AWAL YANG SUDAH BEKERJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (658kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra tubuh dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pada individu dewasa awal yang sudah bekerja. Citra tubuh merujuk pada penilaian subjektif individu terhadap penampilan fisiknya, sedangkan kontrol diri adalah kemampuan individu dalam mengatur dorongan dan perilaku konsumtif secara rasional. Perilaku konsumtif diartikan sebagai kecenderungan membeli barang atau jasa secara berlebihan dan tidak didasarkan pada kebutuhan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan 147 responden usia 18-40 tahun, data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunakan instrumen Multidimensional Body-Self Relations QuestionnaireAppearance Scales (MBSRQ-AS), Skala Perilaku Konsumtif, dan Brief selfcontrol scale (BSCS). Hasil analisis menunjukkan citra tubuh dan kontrol diri berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 70,4%. Secara parsial, citra tubuh berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif, sedangkan kontrol diri menunjukkan pengaruh negatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kedua faktor psikologis tersebut berperan penting dalam membentuk pola konsumsi individu dewasa awal yang sudah bekerja. ***** This study aims to determine the effect of body image and self-control on consumer behavior in early adult individuals who are already working. Body image refers to an individual's subjective assessment of their physical appearance, while selfcontrol is an individual's ability to regulate impulses and consumer behavior rationally. Consumer behavior is defined as the tendency to buy goods or services excessively and not based on real needs. This study uses a quantitative approach with 147 respondents aged 18-40 years, data were collected through a questionnaire using the Multidimensional Body-Self Relations QuestionnaireAppearance Scales (MBSRQ-AS), Consumer Behavior Scale, and Brief self-control scale (BSCS). The results of the analysis show that body image and self-control have a significant effect on consumer behavior by 70.4%. Partially, body image has a positive effect on consumer behavior, while self-control shows a negative effect. This study concludes that both psychological factors play an important role in shaping the consumption patterns of early adult individuals who are already working.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irma Rosalinda Lubis, M.Si ; 2). Anggi Mayangsari, M.Psi., Psikolog
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Psikologi, Ilmu Jiwa
Divisions: FPPsi > S1 Psikologi
Depositing User: Mohamad Angga Rizki Saputra .
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:19
Last Modified: 14 Aug 2025 02:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60883

Actions (login required)

View Item View Item