PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI SMK NEGERI 26 JAKARTA

RISA MERYDA BR. SILABAN, . (2025) PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI NON AKADEMIK DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai pembinaan ekstrakurikuler dalam mewujudkan prestasi non akademik siswa di SMK Negeri 26 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi: wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori pembinaan dari Suryosubroto yang mencakup aspek tujuan, materi, metode, sarana prasarana, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pembinaan ekstrakurikuler di SMK Negeri 26 Jakarta dirumuskan secara jelas dan berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik secara holistik. Pembinaan ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan, mengasah, dan mengembangkan bakat dan minat mereka di luar konteks akademik, (2) Materi pembinaan ekstrakurikuler di SMK Negeri 26 Jakarta disusun secara kontekstual dan relevan dengan kebutuhan setiap kegiatan yang diikuti siswa. (3) Metode pembinaan yang digunakan oleh para pembina di SMK Negeri 26 Jakarta bersifat partisipatif, dinamis, dan berpusat pada siswa. Pembina mengaplikasikan berbagai pendekatan seperti demonstrasi, latihan rutin, diskusi kelompok, simulasi kompetisi, hingga metode mentoring individu. (4) Sarana dan prasarana yang tersedia di SMK Negeri 26 Jakarta telah memberikan dukungan yang cukup baik terhadap fasilitas fisik dan non-fisik untuk menunjang kegiatan ekstrakurikuler. (5) Evaluasi kegiatan dilakukan melalui laporan rutin oleh masing masing ekstrakurikuler yang mencakup kehadiran, dokumentasi, capaian latihan, serta prestasi peserta didik. Pembinaan ekstrakurikuler di SMK Negeri 26 Jakarta berjalan secara terstruktur dan efektif, sehingga mampu mendorong peningkatan prestasi non akademik peserta didik. ***** This study aims to describe the role of extracurricular guidance in achieving non academic achievement among students at State Vocational High School 26 Jakarta. This study used a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques were conducted through observation, interviews, and documentation studies. Informants in this study included the vice principal for student affairs, extracurricular guidance counselors, and students. This study utilized Suryosubroto's guidance theory, which encompasses objectives, materials, methods, facilities, and evaluation. The results of this study indicate that: (1) The objectives of extracurricular guidance at State Vocational High School 26 Jakarta are clearly formulated and oriented toward developing students' potential holistically. This coaching aims to facilitate students in discovering, honing, and developing their talents and interests outside of the academic context. (2) Extracurricular coaching materials at SMK Negeri 26 Jakarta are structured contextually and relevant to the needs of each activity in which students participate. (3) The coaching methods used by the coaches at SMK Negeri 26 Jakarta are participatory, dynamic, and student-centered. Coaches apply various approaches such as demonstrations, routine practice, group discussions, competition simulations, and individual mentoring methods. (4) The facilities and infrastructure available at SMK Negeri 26 Jakarta provide adequate physical and non-physical support to support extracurricular activities. (5) Activity evaluation is conducted through regular reports from each extracurricular activity, covering attendance, documentation, training achievements, and student achievement. Extracurricular coaching at SMK Negeri 26 Jakarta is structured and effective, thus encouraging improved student non-academic achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Supadi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 30642 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2025 02:28
Last Modified: 14 Aug 2025 02:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60905

Actions (login required)

View Item View Item