PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DALAM NEGOSIASI MELALUI MEDIA ISPRING SUITE PADA PESERTA DIDIK KELAS X FASE E SMAN 11 JAKARTA

YUNITA ANGGRAINI, . (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERARGUMENTASI DALAM NEGOSIASI MELALUI MEDIA ISPRING SUITE PADA PESERTA DIDIK KELAS X FASE E SMAN 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (352kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK*****Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan berargumentasi dalam negosiasi melalui media iSpring Suite dengan mengintegrasikan struktur teks negosiasi dengan enam komponen argumentasi Toulmin. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model ADDIE yaitu, analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar keterampilan berargumentasi dalam negosiasi melalui media iSpring Suite pada peserta didik kelas X fase E telah berhasil dilakukan. Kualitas materi dan media pada bahan ajar ini mendapatkan penilaian dari validator ahli media sebesar 93% dan validator ahli materi sebesar 94% dengan kategori penilaian sangat baik atau sangat layak. Penelitian ini berhasil mengembangkan bahan ajar yang terstruktur dan sistematis untuk meningkatkan kemampuan berargumentasi dalam negosiasi pada peserta didik, serta mendapatkan penilaian sangat baik dari ahli media dan ahli materi, sehingga layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, keterampilan berargumentasi dalam negosiasi, iSpring Suite. *****ABSTRACT*****The research aims to develop teaching materials for argumentation skills in negotiation through iSpring Suite by integrating the structure of negotiation texts with the six components of Toulmin's argumentation.This research uses the Research and Development (R&D) method and uses the ADDIE model, namely, analysis, design, development, implementation, and evaluation. The data collected were the results of interviews, questionnaires, and documentation. The research used both quantitative and qualitative to analyze the data. The results of this research indicate that the development of teaching materials argumentation skills in negotiation through ispring suite media for students of class X phase E has been successfully carried out. The quality of materials and media in this teaching material received an assessment from a media expert validator of 93% and a material expert validator of 94% with very good or very feasible assessment categories. The research succeeded in developing structured and systematic teaching materials to improve the ability to argue in negotiations in students, as well as getting very good assessments from media experts and material experts, so it is feasible to be implemented in learning. Keywords: development of teaching materials, argumentation skills in negotiation, iSpring suite.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. ; 2). Hestiyani Parai, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Yunita Anggraini .
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:34
Last Modified: 14 Aug 2025 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/60918

Actions (login required)

View Item View Item