MARIA TRISNAWATI, . (2025) MEDIA GAME MONOPOLI YANG DIMODIFIKASI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN MATERI KERJA SAMA INTERNASIONAL : TINJAUAN TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS XII IPS. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
02 BAB 1.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (803kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (987kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (389kB) |
![]() |
Text
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media permainan monopoli yang dimodifikasi terhadap minat dan pemahaman peserta didik kelas XII IPS pada materi Kerja Sama Internasional. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang bersifat abstrak dan global, serta kebutuhan akan pembelajaran yang interaktif dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen, menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes pemahaman konsep yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan pada minat dan pemahaman peserta didik di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media monopoli yang dimodifikasi dalam pembelajaran Geografi mampu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan, kontekstual, dan menantang, sehingga efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi inovatif dalam penerapan media pembelajaran berbasis permainan untuk materi-materi geografi yang kompleks. Kata Kunci: Problem Based Learning, monopoli modifikasi, minat belajar, pemahaman, kerja sama internasional. ********** This study aims to examine the effect of implementing the Problem Based Learning (PBL) model using a modified Monopoly board game as a learning medium on students' interest and comprehension in Grade XII Social Studies, specifically in the topic of International Cooperation. The background of this research stems from the low level of students’ interest and understanding regarding abstract and global materials, as well as the need for interactive and contextual learning approaches. This quantitative research employed a quasi-experimental design involving an experimental class and a control class. Data collection instruments included learning interest questionnaires and concept comprehension tests, both of which were validated for reliability and accuracy. The results showed a significant improvement in both interest and comprehension among students in the experimental class compared to the control group. The findings demonstrate that the use of a modified Monopoly game in geography instruction fosters a more engaging, contextual, and challenging learning environment, effectively enhancing the quality of the learning process. This study offers an innovative contribution to the application of gamebased media in teaching complex geography content.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Aris Munandar, S.Pd.,M.Si. ; 2). Dr. Samadi, S.Pd.,M.Si. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIS > S2 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Maria Trisnawati . |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 00:59 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 00:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/61033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |